Soal Ibu Kota Baru, Menteri Syafruddin Siap Jadi Pejabat yang Pindah Pertama

UANG | 27 Agustus 2019 14:38 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan siap menjadi pejabat tinggi negara pertama yang pindah ke ibu kota baru. Janji tersebut bakal direalisasikan jika dirinya kembali terpilih menjadi menteri pada periode selanjutnya.

"Kalau saya Menteri PANRB lagi, saya yang pertama lah pindah," ungkap dia dalam sesi konferensi pers di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (27/8).

Kesiapan itu dilontarkannya lantaran dia telah berpengalaman berpindah tugas dari satu titik ke titik lain di Nusantara sebagai seorang anggota Kepolisian selama lebih dari 30 tahun. "Kalau tentara dan polisi itu sudah biasalah berpindah-pindah tugas. Saya 34 tahun mengabdi di kepolisian berpindah-pindah tugas. Itu sudah biasa sampai ke pelosok Tanah Air," ujar dia.

Oleh karenanya, dia beranggapan pemindahan ASN ke ibu kota baru bukanlah suatu permasalahan besar. Apalagi, aparatur negara disebutnya telah terikat kontrak dengan negara sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Dia juga menyatakan, pemerintah telah belajar kepada negara-negara lain seperti Australia, Belanda dan Malaysia terkait pemindahan pusat pemerintahan. Pernyataan tersebut sekaligus menepis tanggapan miring akan pembangunan ibu kota baru yang dianggap membuang banyak waktu, uang dan tenaga.

"Kita bisa lihat saja (ibu kota baru), seperti ibu kota Australia Canberra, ibu kota Belanda Den Haag, ibu kota Malaysia Putrajaya. Kan tidak ribet-ribet amat, tidak gaduh tuh. Biasa-biasa aja," pungkas dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com (mdk/bim)

Baca juga:
Lepas Status Ibu Kota ke Kalimantan Timur, Jakarta akan Seperti New York dan Sydney
VIDEO: Pemerintah Fokus Siapkan RUU Ibu Kota Baru
Sarinah Bakal Ekspansi Bisnis di Ibu Kota Baru
Ibu Kota Pindah, Kemacetan Jakarta Berkurang Tetapi Tidak Hilang
Pemerintah Masih Kaji Skema Investasi Swasta di Ibu Kota Baru
UU dan Pembebasan Lahan Jadi PR Utama Pemerintah dalam Pembangunan Ibu Kota Baru
MenPAN-RB Sebut ASN akan Diberikan Hunian di Ibu Kota Baru

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.