S&P Naikkan Peringkat Kredit Lippo Karawaci Menjadi B- Prospek Stabil

UANG | 19 Juli 2019 10:06 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengumumkan kenaikan peringkat kredit jangka panjang menjadi B- dengan prospek stabil dari S&P. Sebelumnya, utang perseroan diganjar peringkat CCC+.

S&P juga menaikkan peringkat obligasi jangka panjang LPKR dari CCC+ ke B- serta menghapus peringkat LPKR dari Credit Watch.

CEO LPKR, John Riady, mengatakan peningkatan peringkat kredit ini merupakan penegasan atas perbaikan likuiditas LPKR secara signifikan.

"Tim manajemen bersama dengan saya akan fokus pada pencapaian target operasional dengan menyelesaikan proyek-proyek utama kami yang sedang berjalan dan akan meluncurkan proyek hunian baru. Sambil memastikan untuk berhati-hati dalam belanja modal dan menjaga arus kas agar stabil," ujarnya di Jakarta, Jumat (19/7).

Prospek stabil mencerminkan ekspektasi S&P bahwa LPKR akan memiliki likuiditas yang cukup serta arus kas yang memadai untuk jangka waktu 12-18 bulan ke depan. Hal ini didukung oleh penawaran umum terbatas senilai USD 787,5 juta serta rencana penjualan aset.

Penjualan aset ritel Lippo Mal Puri berjalan dengan baik dan diharapkan akan rampung pada kuartal keempat 2019. S&P memperkirakan penjualan asset ritel tersebut akan menghasilkan arus kas masuk bersih sekitar USD 200 juta. Selain itu, S&P berharap Lippo Karawaci mengurangi jumlah utang sewajarnya.

Baca juga:
Rights Issue Tuntas, Lippo Karawaci Raup Dana Segar Rp11,2 Triliun
Lippo Karawaci Lakukan Peletakan Batu Pertama Proyek Axia III di Cikarang
Kecipratan Untung, Pengusaha Properti Dukung Pemindahan Ibu Kota RI
Lippo Karawaci Target Bangun 100.000 Rumah dengan Nilai Investasi Rp100 T
Rights Issue, Lippo Karawaci Raih Komitmen Investasi dari Gateway Partners
Raup Pendapatan Rp 2,8 T, Lippo Karawaci Catat Laba Kuartal I 2019 Rp 50 M
Lippo Karawaci Raup Rp 276 M Dari Penjualan Saham 2 Rumah Sakit di Myanmar

(mdk/bim)