Sri Mulyani: Banyak Negara Alami Penurunan Pendapatan Akibat Pandemi

Sri Mulyani: Banyak Negara Alami Penurunan Pendapatan Akibat Pandemi
Menkeu Sri Mulyani. ©Biro KLI Kemenkeu
UANG | 28 Januari 2021 20:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut banyak negara-negara di dunia telah mengubah arah kebijakan fiskalnya karena pandemi Covid-19. Sebab, kehadiran virus asal China itu menyebabkan penurunan pendapatan di seluruh negara termasuk Indonesia.

"Yang penting setelah pandemi, semua negara yang benar-benar mengalami pergantian kebijakan fiskal, pada saat yang sama penurunan pendapatan terjadi," kata dia saat menjadi pembicara di OECD secara virtual, Kamis (28/1).

Bendahara Negara itu menyadari, Kementerian Keuangan di setiap negara-negara saat ini memiliki tugas cukup berat. Yakni bagaimana merespons serta mengonsolidasikan seluruh kebijakan fiskalnya.

"Di setiap negara, Kementerian Keuangan memiliki tugas yang sulit untuk mengonsolidasikan dan mendayagunakan kebijakan fiskal mereka," kata dia.

Pemerintah memang berkomitmen melanjutkan kebijakan-kebijakan yang konstruktif untuk menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang diperkirakan terjadi hingga tahun ini. Setidaknya ada empat prioritas kebijakan fiskal yang tengah disusun pada RAPBN 2021.

Baca Selanjutnya: Prioritas Fiskal 2021...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami