Sri Mulyani: Belanja Barang Kementerian Pertahanan Meningkat Tajam di Februari 2020

Sri Mulyani: Belanja Barang Kementerian Pertahanan Meningkat Tajam di Februari 2020
UANG | 18 Maret 2020 18:45 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi belanja barang kementerian lembaga (KL) hingga Februari 2020 mencapai Rp161 triliun. Angka ini tumbuh 5,6 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp151 triliun.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, meningkatnya belanja barang tersebut tidak lepas dari tingginya kebutuhan belanja di empat kementerian lembaga. Di mana Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tercatat paling besar kebutuhannya.

Dia mencatat, belanja barang Kemenhan tembus mencapai Rp1,6 triliun di Februari 2020. Angka ini tumbuh 3,9 persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya sebesar Rp1 triliun, atau meningkat sebanyak Rp6 miliar.

"Kenaikan terutama untuk belanja barang ini adalah Kementerian Pertahanan. Terutama untuk operasi militer, operasi intelijen, dan pendidikan pelatihan," kata Sri Mulyani dalam video conference di Jakarta, Rabu (18/3).

1 dari 1 halaman

Selanjutnya

Selanjutnya, belanja barang KL terbesar kedua juga diikuti oleh Kementerian PUPR. Di mana, pada Februari tercatat sebesar Rp1 triliun. Angka ini tumbuh 2,8 persen dibandingkan Februari 2019 sebesar Rp5 miliar.

"Kedua kementerian PUPR. Ini untuk pembangunan, rehabilitasi, renovasi pasar, sarana prasarana, pendidikan dan pembangunan jembatan, kata dia.

Sementara itu posisi ketiga diikuti oleh Polri dan juga Kementerian Perhubungan. Masing-masing belanja barang keduanya tercatat sebesar Rp2,2 triliun dan Rp1,8 triliun.

"Jadi empat KL terbesar dalam hal ini juga menunjukan belanja barang mereka cukup cepat. Ini hal sesuai dengan alokasi anggaran mereka yang cukup besar," tandas dia. (mdk/idr)

Baca juga:
Februari 2020, Defisit APBN Capai Rp62,8 Triliun
Februari 2020, Penerimaan Negara Capai Rp216,6 Triliun
Pemerintah Pastikan Siapkan Sejumlah Stimulus Fiskal Jaga Daya Beli Masyarakat
Virus Corona Jadi Pertimbangan Pemerintah Susun APBN 2021
5 Arahan Vital Presiden Jokowi untuk Rencana Kerja Pemerintah 2021
Ombudsman Usul Indonesia Punya Dana Abadi untuk Hadapi Bencana dan Wabah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami