Sri Mulyani Bocorkan 4 Kunci Tingkatkan Mutu Ekonomi Indonesia

UANG | 16 Juli 2019 14:36 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan empat hal penting yang menjadi kunci peningkatan mutu ekonomi Indonesia untuk jangka panjang. Keempat kunci tersebut antara lain competitiveness (daya saing), productivity (produktifitas), inovasi dan riset.

"Competitiveness, productivity tergantung kepada inovasi dan riset maka kita membuat policy mengenai riset dan inovasi menggunakan instrumen fiskal competitiveness and productivity tergantung dari kualitas birokrasi maka presiden birokrasi," ujarnya di Grand Sahid, Jakarta, Selasa (16/7).

"Empat hal inilah yang akan kita terus lakukan di dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan mutu perekonomian Indonesia," sambungnya.

Sri Mulyani mengatakan, bersamaan dengan keempat hal tersebut pemerintah juga terus berupaya menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga fokus menekan kesenjangan sosial.

"Pada saat yang sama kita tetap fokus untuk mengurangi kemiskinan, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan. Kita akan menggunakan seluruh policy (kebijakan) yang ada," jelasnya.

Sementara itu, untuk mendorong pertumbuhan investasi pemerintah sudah membuat beberapa kebijakan baru. Salah satunya adalah super deduction tax yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

"Dikritik mengenai masalah vokasi karena sumber daya manusia kurang sekarang kita kasih dia double deduction tax. Selain kita ngeluarin APBN, kita ngasih lagi perusahaan yang melakukan vokasional dikasih double deduction," tandas Sri Mulyani.

Baca juga:
Di Periode II, Presiden Jokowi Janji Bakal Turunkan PPh Badan
Di Hari Pajak 2019, Menko Darmin Dapat Penghargaan dari Kemenkeu
Sri Mulyani Tak Main-Main Tarik Pajak E-Commerce
Kata Sri Mulyani soal Neraca Dagang Surplus USD 200 Juta
Pesan Sri Mulyani pada Peringatan Hari Pajak 2019
Harapan Pengusaha di Balik Pertemuan Jokowi-Prabowo

(mdk/idr)