Sri Mulyani Optimis BI Akan Turunkan Suku Bunga Acuan

UANG | 12 Juni 2019 18:02 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimis Bank Indonesia (BI) akan menurunkan suku bunga acuannya atau BI 7 Day Repo Rate. Menurutnya, hal tersebut mau tidak mau pasti dilakukan oleh BI dengan pertimbangan kondisi ekonomi global yang terus menunjukkan risiko pelemahan.

Seperti diketahui bank sentral AS atau Federal Reserve yang semula dipastikan akan menaikkan suku bunga acuannya memilih untuk menundanya. Bahkan beberapa analis lainnya justru memperkirakan The Fed mempunyai kemungkinan menurunkan suku bunga acuannya di tahun ini.

"Saya rasa BI juga akan melakukan adjustment atau penyesuaian stance monetary policy-nya. Bagaimana BI akan melakukan, saya tentu hormati BI," kata dia di Gedung BPK RI, Jakarta, Rabu (12/6).

Melihat kondisi global yang bergejolak tersebut dia menegaskan pemerintah bersama BI akan tetap fokus menjaga stabilitas ekonomi domestik dari gempuran faktor eksternal.

Dia memperkirakan, selain melakukan penyesuaian suku bunga acuannya, BI juga akan melakukan penyesuaian pada kebijakan makroprudensial. Keduanya diharapkan dapat menjaga stabilitas perekonomian domestik.

"Mereka (BI) akan gunakan policy suku bunga maupun policy makroprudential. Dua-duanya sangat berguna bagi ekonomi kita. Jadi saya hormati," tutupnya.

Sebagai informasi, Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Mei 2019 Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali menahan Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pada angka 6,00 persen. Bank Indonesia juga menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 5,25 persen dan Lending Facility 6,75 persen.

Baca juga:
Bank Indonesia Tahan Suku Bunga Acuan di 6 Persen
LPS Tahan Tingkat Bunga Penjaminan dan Berlaku Hingga 25 September 2019
Apindo Harap Bank Indonesia Turunkan Suku Bunga Acuan 50 bps
Donald Trump Desak The Fed Turunkan Suku Bunga
Bank Mandiri Ramal BI Turunkan Suku Bunga Acuan 75 Bps hingga 2020
Bos BTN Sebut Perbankan Mau Suku Bunga Acuan BI di Bawah 5 Persen

(mdk/azz)