Sri Mulyani Sebut Akses Teknologi di Luar Jakarta Masih Rendah

UANG | 23 September 2019 10:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu pembicara utama di Indonesia Fintech Summit & Expo 2019. Dalam acara tersebut, dia mengatakan akses teknologi di luar Jakarta masih sulit.

"Di Jakarya tak ada keluhan soal akses, tetapi kalau kamu melangkah keluar Jakarta, bahkan di daerah Jawa, masih ada area yang tak bisa mengakses teknologi. Belum ada pulau-pulau di luar Jawa," ujar Sri Mulyani di JCC, Senin (23/9).

Untuk itu, pemerintah terus menggenjot investasi dalam pembangunan infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM), dan anggaran pendidikan serta vokasi. Tiga proyek Palapa Ring di Indonesia pun sudah selesai dibangun. Selain itu, pihaknya juga telah berdiskusi dengan pihak industri soal memberikan pajak yang paling baik, serta demi menciptakan level playing field.

"Ini semua adalah persiapan pemerintah untuk mengambil untung dari ekonomi digital, termasuk fintech," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyambut positif peran fintech agar lebih banyak orang Indonesia mendapat akses ke perbankan. Tak hanya itu, pelaku fintech juga diharapkan meningkatkan faktor perlindungan konsumen.

"Saya harap bisa melihat usaha untuk membuka potensi fintech dan agen-agen mereka untuk bekerja bersama perbankan eksisting untuk menyediakan pelayanan perbankan yang terjangkau," ujar Darmin.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
SeaBubble Uji Coba Taksi Air di Prancis
Bandara Ini Gunakan Deteksi Wajah Untuk Check In
Saran Menteri Sri Mulyani Agar Akuntan Tak Tergantikan Robot
Akademisi dan Peneliti 6 Negara Bahas Riset hingga Teknologi di Aceh
Menteri Sri Mulyani Nilai Robot Bukan Tak Mungkin Menjadi Obyek Pajak di Masa Depan
Rudiantara Ingin Bangun Rumah dengan Printer 3D, Bagaimana Nasib Kuli Bangunan?

(mdk/azz)