Sri Mulyani Tak Masalah Banyak Tokoh Politik di Kabinet Jokowi Periode ke-II

UANG | 23 Oktober 2019 16:56 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Wajah baru dalam susunan Kabinet Indonesia maju di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin rupanya banyak diisi oleh sejumlah tokoh partai politik (parpol). Utamanya di bidang ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tak masalah apabila sejumlah pos kementerian ekonomi di isi oleh para tokoh politik asalkan bisa bekerjasama dengan baik. Sebab, Jokowi juga sudah memberikan arahan yang jelas terkait program prioritas yang harus dikerjakan oleh kabinet.

"Memang banyak kabinet yang terdiri dari mantan jendral, ketua partai, atau politisi, tapi kita tetap bekerjasama dengan baik. Jadi mindset kami adalah untuk kerja sama," kata Sri Mulyani di Kantornya, Jakarta, Rabu (23/10).

Menurutnya, banyaknya menteri dari parpol juga tidak akan menjadi kendala dalam proses pengambilan keputusan mengenai anggaran-anggaran yang strategis. Mengingat pembahasan anggaran akan dilakukan bersama pihak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Jadi saya enggak melihat itu sebagai suatu kendala. Kami menganggap ini suatu dinamika baru yang diharapkan bisa meningkatkan kinerja secara lebih baik," jelasnya.

Informasi saja, di sektor ekonomi ada delapan yang berasal dari parpol. Di antaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang juga dari Partai Golkar.

Kemudian juga ada Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dari Partai Golkar, serta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dari Partai Nasdem.

Lalu ada juga Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dari Partai Gerindra, Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah yang merupakan politisi PKB. (mdk/idr)

Baca juga:
Jokowi Gandeng Ma'ruf Amin Usai Kenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju
Menag Fachrul: Pak Jokowi Tegaskan Tak Ada Program 100 Hari, Pokoknya Kerja Cepat
Rangkap Jabatan Ketum Parpol, Airlangga Klaim Jokowi Yakin Menteri Profesional
VLOG: Nadiem Makarim Janji Hadirkan Teknologi di Dunia Pendidikan
Ditunjuk jadi Menteri, Nadiem Makarim Sempat Berat Hati Tinggalkan Gojek
Potret Lima Menteri Perempuan di Kabinet Indonesia Maju

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.