Stafsus Menkeu: Penanganan Kesehatan Syarat Mutlak Pemulihan Ekonomi

Stafsus Menkeu: Penanganan Kesehatan Syarat Mutlak Pemulihan Ekonomi
UANG | 6 Agustus 2020 11:37 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo menyatakan, upaya penanganan kesehatan dilakukan pemerintah merupakan syarat mutlak untuk pemulihan ekonomi nasional. Apalagi kondisi hari ini, jumlah kasus Covid-19 terus bertambah seiring dilonggarkanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Penanganan dampak kesehatan covid adalah syarat mutlak bagi pemulihan ekonomi termasuk untuk UMKM," ujarnya dalam Webinar Keterbukaan Informasi Publik digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (6/8).

Dia menjelaskan, penanganan melalui sektor kesehatan menjadi salah satu kunci utama pemerintah untuk mengatasi persoalan pandemi. Dia pun tak sependapat adanya pandangan yang menghadapkan atau memperlawankan ekonomi dan kesehatan.

"Memperlawankan ekonomi dan kesehatan menjadi tidak tepat dan tidak relevan sekarang. Kita menghadapi apa yang disebut ekonomi pandemi, ekonomi yang seluruh daya upaya diarahkan untuk mengatasi dampak pandemi," kata dia.

Bahkan, menurut Perppu 1 Tahun 2020 yang sudah ditetapkan menjadi Undang-Undang 2 Tahun 2020 ada tiga prioritas utama yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Pertama yakni sektor kesehatan. Kedua program jaring pengaman sosial atau bantuan sosial, dan ketiga dukungan kepada dunia usaha.

"Dampak kesehatan ini prioritas utama saat bersamaan karena ada dampak sosial, maka juga ada yang disebut bantuan sosial atau perlindungan sosial social safety net bansos,dan saat bersamaan juga dunia usaha juga terpukul terdampak maka juga bantalan kebijakan supaya mereka tidak turun terlalu dalam dan bisa bertahan maka ada stimulus ekonomi yang disiapkan," jelas dia. (mdk/azz)

Baca juga:
Wamenkeu: Terakhir Kali Dunia Dikagetkan Pandemi 100 Tahun Lalu
Selama 2019, PPID Kementerian Keuangan Terima 1.102 Permohonan Informasi
Sri Mulyani Soal Potensi Resesi: Kita All Out Hindari Kuartal III Tumbuh Negatif
Sri Mulyani Bakal Beri Bantuan ke Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp5 Juta
Sri Mulyani: Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Keadaan Normal
Pendaftaran NPWP Lewat Bank Himbara Mulai 17 Agustus 2020

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami