Strategi Kemenhub Urai Kepadatan Pelabuhan Tanjung Priok

Strategi Kemenhub Urai Kepadatan Pelabuhan Tanjung Priok
Jokowi dan Menhub tinjau Pelabuhan Yos Sudarso di Ambon. ©BKIP Kemenhub
UANG | 15 April 2021 17:50 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggelar rapat kesiapan menghadapi peningkatan arus lalu lintas kontainer di New Priok Container Terminal (NPCT) 1 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (15/4).

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa pemangku kepentingan seperti Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartoni. Menhub sendiri didampingi oleh Juru Bicara Menhub Adita Irawati.

Dari rapat tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan dan keputusan dalam penanganan kepadatan arus lalu lintas di Tanjung Priok dan pencegahannya.

"Ada 2 hal yang harus dilakukan dengan kolaborasi. Yang ada di pelabuhan, yang mana ada ketimpangan antara pelabuhan 1, 2 dan 3, disepakati kalau pelabuhan terjadi penumpukan kontainer, maka wajib didivert ke pelabuhan lain," jelas Menhub Budi di NPCT 1.

Kemudian, penegakan Standard Operational Procedure (SOP) dan penerapan digitalisasi menjadi hal penting dalam mengatur lalu lintas di jalur ini. "Saya tugaskan otoritas pelabuhan dan Pelindo II untuk ini," katanya.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami