Strategi Mendag Agus Genjot Angka Ekspor di Tengah Pandemi

Strategi Mendag Agus Genjot Angka Ekspor di Tengah Pandemi
UANG | 20 September 2020 19:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan, pandemi Covid-19 membuat sektor perdagangan Indonesia terhantam. Ekspor Indonesia mengalami penurunan karena negara-negara tujuan ekspor memberlakukan kebijakan penanganan Covid-19.

Untuk bertahan, Mendag Agus memaparkan strategi menggenjot angka ekspor di tengah pandemi. Salah satunya dengan memanfaatkan permintaan yang sudah ada pada komoditas tertentu.

"Tadi saya katakan, salah satu strategi produk yang meningkat dalam kurun waktu misalnya 5 tahun akan kita fokuskan. Di AS mereka sudah ada demand, China, Swiss (juga), nah, ini kita infokan ke pelaku usaha sehingga mereka tahu demand yang memang sedang ada," ujar Mendag dalam tayangan virtual, Minggu (20/9).

Dia menjelaskan, peluang ekspor terbuka sangat lebar namun pelaksanaannya memerlukan sinergi yang baik apalagi pandemi belum berakhir. Beberapa Indonesia masih memiliki tingkat ekspor yang tinggi walaupun ada wabah Covid-19. Misalnya, komoditas minyak, logam mulia, alat kesehatan hingga buah-buahan olahan (processed fruit).

"Hal ini memberi pesan bahwa di tengah pandemi, masih ada peluang meningkatkan ekspor selama kita jeli menemukan peluang dan menemukan inovasi baru sesuai kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Kemudian strategi-strategi lain yang dilakukan...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami