Strategi Perum Damri Hadapi Sistem Satu Arah di Tol Trans Jawa saat Mudik 2019

UANG » MAKASSAR | 23 Mei 2019 20:01 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Direktur Utama Perum DAMRI, Setia N Milatia Moemin membeberkan beberapa persiapan perusahaan dalam menghadapi periode mudik dan arus balik Lebaran tahun 2019. Termasuk strategi menghadapi diberlakukannya sistem satu arah atau one way di ruas tol Trans Jawa.

Dia mengungkapkan, untuk reguler (melayani antar kota), total armada yang disiapkan sebanyak 192 unit, 4.247 ritase dan target penumpang 103,203 orang. Kantor Cabang yang melayani yaitu Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bogor, Cilacap, Purwokerto, Purworejo, Ponorogo, dan Malang.

"Bus Bantuan (siap mendukung layanan Reguler) total armada sebanyak 150 unit, 1.047 ritase dan target penumpang 23,071 orang. Kantor cabang yang menyediakan Bus Bantuan yaitu Soekarno-Hatta, Bandung, dan Surakarta," kata dia dalam acara diskusi di Kawasan Matraman, Jakarta, Kamis (23/5).

Sementara itu, untuk rute lokal (melayani AHRI di wilayah kerja masing-masing), total armada sebanyak 166 unit, 4.417 ritase dan target penumpang 111,763 orang. Kantor cabang yang menyediakan layanan yaitu Medan, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Surabaya, Jember, Banyuwangi, Pamekasan, Denpasar, Makassar).

Adapun jadwal pelaksanaan arus mudik yaitu dari tanggal 29 Mei sampai dengan 4 Juni 2019. Sementara untuk arus balik dari tanggal 7 sampai dengan 13 Juni 2019.

Selanjutnya, dia menjelaskan strategi menghadapi diberlakukannya sistem satu arah di jalan tol dan memastikan armadanya tidak akan mengalami keterlambatan. Sebab dia optimis para pengemudi bus sudah terlatih dan hafal dengan kondisi jalan yang mereka lalui.

"One way harusnya kami bisa tetap menepati jadwal kami, rasanya pengemudi kami sudah tahu persis daerah yang dilewati jadi harusnya kami bisa tetap tepati jadwal dan kami akan usahakan agar kami tetap bisa menepati jadwal kami," tutupnya.

Baca juga:
Marak Program Mudik Gratis, Perusahaan Bus Menjerit Sepi Penumpang
Gedung Pusat Kendali Operasi Bandara Soekarno-Hatta Jadi Posko Angkutan Lebaran
Pemprov Sumsel Bolehkah ASN Mudik Pakai Mobil Dinas
Pemudik Menuju Jabar Meningkat, Dominasi dari Wilayah Jabodetabek
Menhub Budi Rencana Terapkan Tarif Khusus Penyeberangan di Pelabuhan Merak
Imbas Sistem Satu Arah Tol Saat Mudik, Putar Balik di Jalur Pantura Ditutup

(mdk/idr)