Strategi Wujudkan Kampus Bereputasi Internasional ala Budi Wiweko

UANG | 23 September 2019 19:26 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Lembaga pemeringkatan Times Higher Education belum lama ini merilis ranking terbaru peringkat Universitas kelas dunia. Di mana peringkat Universitas Indonesia (UI) tetap bertahan masuk ke dalam kelompok peringkat 601-800 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Capaian ini menjadi indikator yang perlu ditingkatkan. Apalagi pemerintah melalui Kementerian Ristekdikti telah menetapkan kinerja Rektor PTN untuk membawa kampus yang dikelola menjadi kampus yang bereputasi internasional.

Salah satu calon rektor UI 2019-2024, Budi Wiweko mengaku telah memiliki strategi transformasi agar UI bisa menjadi world class university dengan menjadi Entrepreneurial University.

"Di era knowledge based economy ini, hasil riset dan inovasi dosen merupakan pengetahuan yang harus didorong memiliki nilai ekonomi," terang Iko, sapaan akrab dosen FKUI dalam keterangannya, Senin (23/9).

"Saatnya kita sedikit bergeser dari dosen yang oriented publication ke arah hilirisasi riset dan pengabdian masyarakat yang memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat" sambung Iko.

Iko mengatakan, UI sebagai institusi pendidikan tinggi harus mengubah mindset dari silo atau monodisiplin menjadi kolaboratif atau multidisiplin.

Menurutnya Rumah Sakit UI alias RSUI bisa menjadi lab dan media pembelajaran untuk meningkatkan daya saing UI. Penelitian tidak hanya dilakukan oleh peneliti dari rumpun kesehatan, tetapi harus melibatkan rumpun ilmu sains teknologi dan sosial humaniora.

Menurut Iko ini bisa dilakukan dengan syarat mindset open inovasi harus dikembangkan, meminimalkan hierarki (hierarchyless) dan sekat-sekat organisasi (boundariless) agar bisa secara cepat dan responsif menghadapi tantangan revolusi Industri 4.0.

Dia berharap ke depan UI terus menjadi inspirasi Indonesia dan ikut berkontribusi secara kolektif dengan stakeholder lainnya untuk membawa peradaban bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Baca juga:
Ini Panduan Ospek dari Kemenristekdikti Agar Tidak Terjadi Perpeloncoan
Kemenristekdikti Kecam Ospek Minum Air Ludah di Universitas Khairun
Menristekdikti Perintahkan Rektor UPR Usut Tuntas Dosen Lecehkan Mahasiswi
Menristekdikti Sebut JK Juga Pernah Sindir BPPT Soal Inovasi Tahun 2015
Pos Kementerian Ini Jadi Incaran Partai
Menteri Nasir Perkenalkan Rektor Asing Pimpin Universitas di Indonesia

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT