Sulap Labuan Bajo Jadi Bali Kedua, Kemenhub Tingkatkan Konektivitas

UANG | 23 Januari 2020 17:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kondisi alam Labuan Bajo yang mempesona bisa menjadi Bali kedua sebagai tempat tujuan wisata. Untuk itu, pihaknya akan meningkatkan konektivitas moda transportasi darat, laut dan udara untuk memudahkan mengakses Labuan Bajo.

"Labuan Bajo suatu tempat yang luar biasa. Lihat instagram saya, begitu salut dengan Labuan Bajo," kata Budi, di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (23/1).

Dia menerangkan, untuk meningkatkan layanan transportasi udara pengelolaan Bandara Labuan Bajo akan dikerjasamakan dengan Changi Airport. Untuk sektor kelautan, Kementerian Perhubungan akan memisahkan pelabuhan barang dan penumpang pariwisata.

"Tentang safety kita memang harus mengedukasi. kita mau bikin sekolah. Setelah itu KSOP akan membuat edukasi kepada para pelaut-pelaut itu dengan suatu cara yang lebih memiliki suatu pola," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Jurassic Park di Pulau Rinca Labuan Bajo

Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) kini terus berbenah untuk menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas pada akhir 2020 mendatang. Tempat ini nantinya akan menawarkan berbagai suguhan wisata bagi para turis.

Salah satu tempat yang tengah dipersiapkan jadi destinasi wisata utama yakni Pulau Rinca. Arsitek perancang KSPN Labuan Bajo, Yoris Antar, menggambarkan tempat ini nantinya dirancang bagi turis yang mau menikmati wisata alam seperti di film Jurassic Park.

"Kalau untuk desain geopark di Pulau Rinca tuh ini Jurassic Park. Jadi nanti wisatawan bisa jalan berputar di rumahnya komodo," ujar Yoris di Labuan Bajo, NTT, Rabu (22/1).

Yoris menjelaskan, Pulau Rinca di Labuan Bajo memiliki 45 loh (lubang) yang jadi habitat para komodo. Di mana, satu loh jadi tempat bermukim bagi sekitar 70 ekor komodo.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Menhub Minta Pemda dan Swasta Beri Pelatihan Keselamatan ABK Pinisi Labuan Bajo
Pemerintah Incar Masa Tinggal Turis di Labuan Bajo Minimal 4 Hari
Indonesia Bakal Punya Jurassic Park di Pulau Rinca Labuan Bajo
Kementerian PUPR Siapkan Rp250 Miliar Benahi Jalan di Labuan Bajo
Menhub Budi Gelar Pertemuan dengan Calon Pengelola Bandara Komodo, Ini yang Dibahas
Labuan Bajo Bakal Disulap Menjadi Kota Tepi Pantai Terbaik Dunia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.