Sumbang Rp1,4 Triliun ke Kampus, Aksi Nyata Miliuner Berantas Kemiskinan

UANG | 16 Oktober 2019 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Miliuner asal Amerika Serikat, David Walentas mendonasikan USD 100 juta atau Rp1,4 triliun (1 USD = Rp14.116) ke Universitas Virginia. Sumbangan ini ditujukan untuk membantu mahasiswa pada tahun pertama.

Motivasi David Walentas menyumbang uangnya berawal dari dirinya yang dulu tidak mendapatkan kesempatan untuk bersekolah layaknya mahasiswa pada umumnya.

Pada saat itu, David Walentas merasa kuliah adalah jalan keluar dari kemiskinan. Sehingga sebagian besar uang yang diberikan David akan memberikan peluang sekolah bagi banyak orang.

Menurut David pendidikan tinggi merupakan landasan penting untuk mengurangi kemiskinan.

"Hadiah dari David Walentas ini akan berfungsi sebagai landasan dari kampanye USD 5 miliar yang kami luncurkan akhir pekan ini dan akan memiliki dampak yang bertahan lama di Universitas Virginia," jelas Presiden Universitas Virginia, James Ryan seperti dikutip dari Forbes, dikutip Selasa (15/10).

David Walentas sering berdonasi di bidang pendidikan. Salah satunya pada 2013 dan 2017, dia mengibahkan sebesar USD 8,1 juta ke yayasan Dana Sekolah Umum di Kota New York.

"Pendidikan bagi saya adalah penyeimbang yang hebat," kata Walentas.

Walentas adalah pengembang real estate di Amerika dengan nama Two Trees. Ia mampu mengubah tempat kumuh di Brooklyn menjadi tempat mewah. Pada bulan September, Walentas baru membuka gedung keduanya berupa 45 lantai.

Reporter: Chrismonica

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Miliuner Rusia Bikin Hujan Uang di Konferensi Bisnis
Kisah Sukses Masaru, Pekerja Sayur yang Kini Jadi Miliuner Berharta Rp14 Triliun
Meninggal Akibat Kecelakaan, Pengemis di India Tinggalkan Harta Rp200 Juta
Ternyata, Orang Tajir Amerika Bayar Pajak Lebih Sedikit dari Rakyat Jelata
Sosialita Cantik ini Jadi Orang Terkaya di Usia 35 Tahun

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT