Survei BRI: Pelaku UMKM Mulai Tunjukan Perbaikan Kinerja dan Masuki Masa Pemulihan

Survei BRI: Pelaku UMKM Mulai Tunjukan Perbaikan Kinerja dan Masuki Masa Pemulihan
Pengrajin anyaman Rotan Sepi Pemesanan. ©2020 Merdeka.com/Dwi Narwoko
UANG | 11 November 2020 12:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan BRI Micro & SME Index (BMSI). Ini merupakan penilaian pelaku UMKM atas aktivitasnya terdiri atas indeks aktivitas bisnis (IAB) untuk melihat situasi sekarang dan indeks ekspektasi aktivitas bisnis (IEAB) yang mengukur ekspektasi bisnis pelaku UMKM selama 3 bulan kedepan.

"Ini memang akan menjadi leading indikator pertama di Indonesia yang mengukur aktivitas bisnis UMKM yang kami buat sebagai bentuk kepedulian BRI terhadap aktivitas UMKM Indonesia dan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi kebijakan publik,' kata Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (Dirut BRI), Sunarso, dalam Press Conference Kinerja Keuangan Kuartal III 2020, Rabu (11/11).

Dia menjelaskan, jika dibandingkan kuartal II 2020 dengan kondisi saat ini sudah menunjukkan titik perbaikan dan memasuki masa pemulihan utamanya bagi pelaku UMKM yang merupakan partner bisnis BRI.

Hal tersebut tercermin dari hasil survei aktivitas bisnis UMKM yang dilakukan tim BRI pada kuartal III 2020 yang mengindikasikan kegiatan usaha UMKM mulai menggeliat dan memiliki optimisme perbaikan lebih tinggi di kuartal IV nanti.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami