Survei: Hanya 33,3 Persen UKM Bertahan Lebih dari 1 Tahun Jika Pandemi Berlanjut

Survei: Hanya 33,3 Persen UKM Bertahan Lebih dari 1 Tahun Jika Pandemi Berlanjut
UMKM. ©2020 Merdeka.com
UANG | 8 April 2021 12:16 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani mengatakan, saat ini hanya ada 33,3 persen usaha kelas menengah yang mampu mempertahankan bisnis lebih dari 1 tahun. Dengan catatan jika pandemi Covid-19 terus berlanjut hingga akhir 2021 mendatang.

"kalau kondisinya (pandemi) seperti ini tidak ada perubahan sampai (akhir 2021) sepertiga (usaha menengah) bisa bertahan lebih dari 1 tahun," ungkap dia dalam webinar bertajuk Indonesia Macroeconomic Update 2021, Kamis (8/4).

Sedangkan untuk menjaga kelangsungan bisnisnya, mayoritas pelaku usaha menengah melakukan efisiensi biaya operasional. Salah satunya dengan mengurangi jumlah karyawan. "Jadi, menyusutkan jumlah tenaga kerja itu yang paling besar," ucap dia menekankan.

Selain itu, pelaku usaha menengah juga terpaksa mengurangi kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan selama pandemi berlangsung. Hal ini terpaksa dilakukan demi mengurangi biaya produksi perusahaan. "Lalu, cara lainnya melakukan penyesuaian kuantitas dan kualitas (produk)," bebernya.

Sebagai informasi, survei oleh Apindo ini dilakukan pada Januari 2021. Survei sendiri melibatkan 600 usaha menengah dari anggota Apindo. (mdk/azz)

Baca juga:
Askrindo Dukung Pemulihan Ekonomi dengan Pemberdayaan UMKM
Kolaborasi Brand Jadi Strategi Produsen Sepatu Lokal di Solo Eksis di Tengah Pandemi
1 April, Pemerintah Telah Salurkan BLT UMKM Rp7,9 Triliun
Tiru 5 Tips Bertahan di Tengah Pandemi untuk Pelaku Usaha Kecil
Meski RI Masih Pandemi, Accor Group Bakal Buka 5 Hotel Baru Tahun ini
Kini Produk UMKM Bisa Mejeng di Lebih dari 140 Hotel Accor Group Seluruh Indonesia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami