Susi: Dinas daerah utamakan teman daripada nelayan soal bantuan KKP

UANG | 19 Januari 2017 17:56 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta jajarannya untuk tak berpangku tangan kepada dinas-dinas di daerah dalam menyalurkan bantuan ke nelayan. Sebab, dinas-dinas daerah lebih mengutamakan orang terdekat dalam memperoleh bantuan dari KKP.

"Contoh di daerah, kalau kita kasih bantuan kadang-kadang mengutamakan teman-temannya sendiri. Sudah begitu, tahun lalu sudah dapat bantuan, tahun ini dapat lagi," ujar Menteri Susi, di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Kamis (19/1).

Susi menegaskan semua program dan intervensi harus dirasakan oleh masyarakat miskin. Provinsi dengan angka kemiskinan relatif tinggi, harus dijadikan prioritas pembangunan industri perikanan.

"Dalam pemberian bantuan, harus kita pastikan bahwa orang tersebut layak menerima bantuan. Bukan orang yang punya 10 kapal dikasih lagi dan yang tidak punya harus sewa," katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dia meminta bantuan masyarakat dan media untuk memberantas oknum nakal, yang membagi bantuan berdasarkan kedekatan dengan pejabat di daerah.

"Kita harus perbaiki. Haram hukumnya kalau kita bantu yang sudah punya tapi yang tidak punya tidak dibantu," tegas Susi.

Selain itu, dia menambahkan, KKP dengan anggaran Rp 9,2 T di tahun ini harus dapat mendongkrak pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) serta menjaga agar ketimpangan pendapatan tidak melebar. (mdk/sau)

Baca juga:
Fitra: Lewat PP 72, anak usaha BUMN bisa dimiliki asing
PP 72 Tahun 2016 akan digugat ke Mahkamah Agung
Ditjen Pajak tak gentar dibawa ke pengadilan oleh Google
Dirjen Pajak: Google akan datang sore ini, cocokkan data pajak
Potensi ekonomi sektor perikanan RI capai Rp 15.000 triliun
Pengusaha beberkan masalah transportasi yang harus selesai di 2017
Beli reksa dana bisa di Bukalapak, OJK sebut sesuai arahan Jokowi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.