Suzuki Indonesia targetkan ekspor 2.000 unit All New Ertiga tiap bulan ke 20 negara

UANG » BANYUWANGI | 28 Juni 2018 15:11 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - PT Suzuki Indomobil Sales menargetkan ekspor varian baru "All New Ertiga" ke 20 negara dapat dilakukan pada September 2018. Ekspor mobil hingga Maret 2019 total mencapai 12.000 unit atau diperkirakan per bulan mencapai sekitar 2.000 unit.

"Kami siap memasuki negara-negara di kawasan Asia, Amerika Selatan, Oceania, dan Karibia," kata Head of Brand Development and Marketing Research 4W (Four Wheel) PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel, seperti dikutip dari Antara ketika mengadakan "media test drive" di Pantai Pandawa, Pecatu, Bali, Kamis (28/6).

Meski demikian, Harold mengatakan rencana September 2018 untuk ekspor masih bisa berubah tergantung kesiapan negara penerima. Meliputi uji produk sesuai standard negara bersangkutan.

Harold menambahkan tidak ada pertimbangan khusus untuk negara tujuan ekspor karena negara-negara di kawasan itu memang merupakan cakupan pangsa pasar ekspor Indonesia untuk All New Ertiga.

Meski situasi ekonomi global saat ini masih berfluktuasi, Harold menambahkan tidak menyurutkan semangat ekspansi bisnis mengingat negara tujuan ekspor itu merupakan negara berkembang yang ekonominya bertumbuh. Untuk itu pihaknya optimistis kendaraan jenis "low multi purpose vehicle" (MPV) itu bisa diterima di pasar internasional karena juga ditopang keunggulan dibandingkan model lama berdasarkan survei yang dilakukan kepada konsumen.

Setidaknya, kata dia, ada tiga hal yang menjadi alasan konsumen memilih mobil minivan berpenumpang tujuh orang itu yakni desain eksterior yang lebih dinamis, desain interior yang lebih segar dan mengakomodasi kebutuhan keluarga serta faktor kenyamanan.

"Kami juga optimis karena sudah ada proyeksi dari masing-masing negara. Jadi setiap kali kami mau meluncurkan produk atau di awal tahun pasti sudah ada target penjualan," ucapnya.

Ekspor tersebut, lanjut dia, juga diharapkan mendongkrak penerimaan devisa negara dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional khususnya industri otomotif. Segmen MPV, lanjut dia, menyumbang pertumbuhan sekitar 30 persen dari keseluruhan pasar otomotif di Indonesia, dan Suzuki bertujuan untuk memperluas kehadirannya di segmen pasar itu dengan desain ulang menyeluruh pada Ertiga.

Baca juga:
Ayla tak sanggup menanjak di Kali Kenteng, ini tanggapan Daihatsu
Harga Mitsubishi Xpander terbaru dan bekas di Surabaya dan Banyuwangi 2018 lengkap
Nasib mobil listrik Indonesia bergantung China
Pajak progresif daerah ini menjadi yang terendah se-Indonesia
Dukung standar emisi euro-4, Gaikindo setop produksi mobil euro-2 mulai Oktober
Pengusaha beberkan tantangan bagi pemerintah kembangkan mobil listrik
Pemerintah diminta tak batasi produksi mobil berbahan bakar minyak di 2040

(mdk/bim)