Tahun Ini, 9 Pesawat Citilink Bakal Dilengkapi Wifi Gratis

UANG » MAKASSAR | 21 Maret 2019 11:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Citilink Indonesia bekerjasama dengan PT Mahata Aero Teknologi untuk memasang wifi baru di 8 pesawat tahun ini, setelah penyambungan wifi gratis di penerbangan rute Jakarta-Denpasar. Nantinya, Citilink akan memiliki 9 pesawat dengan fitur wifi gratis.

"Setelah melakukan uji coba di satu pesawat Citilink dari akhir 2018 kemarin, kami mendapatkan banyak respon positif. Jadi kita akan tambah pasang 8 free wifi lagi di 2019 ini," ungkap Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, Kamis (21/3).

Juliandra menyebutkan, awalnya Citilink berencana memasang free wifi di 19 pesawat. Namun karena beberapa alasan, pemasangan hanya dapat dilakukan di 8 pesawat saja.

"Pertama, kita menyesuaikan dengan jadwal maintance pesawat, ternyata hanya cukup 8. Kedua, kita masih mau memonitoring baby sickness teknologi wifi ini, agar kelemahannya bisa segera diatasi," jelasnya.

Sementara, Citilink akan memasang teknologi wifi baru di 1 pesawat bulan April nanti. Rencananya, pesawat tersebut akan melayani rute Jogja, Solo, Surabaya dan Makasar.

Dia menjelaskan, investasi pemasangan wifi gratis tersebut ditanggung oleh perusahaan teknologi yang bekerjasama dengannya, PT Mahata Aero Teknologi. Sebaliknya, Citilink menyerahkan haknya sebagai maskapai kepada Mahata untuk memasang teknologi wifi di pesawatnya.

"Kami tidak gelontorkan investasi untuk pemasangan wifi, tapi kita kasih hak kita pada Mahata untuk pasang wifi di pesawat. Dari pemasangan ini jelas kita dapat banyak keuntungan," imbuhnya.

Keuntungannya, selain turut mendukung pergeseran tujuan Citilink menjadi maskapai digital, tentu bisa meningkatkan load factor rute yang pesawatnya terpasang wifi. Tercatat terjadi kenaikan load factor sebesar 3 persen, yang awalnya 87,0 persen pada 2018 menjadi 90,7 persen pada 2019 setelah pemasangan wifi. Artinya, dalam 3 bulan periode pemasangan wifi sudah terjadi peningkatan yang cukup baik.

"Jumlah penumpang di golden route meningkat karena ada pemasangan wifi ini. Januari sampai Maret itu low season, biasanya penjualan turun tapi kita justru meningkat," tambah Juliandra.

Saat ini, fasilitas wifi gratis Citilink tersedia di rute Jakarta-Medan, Jakarta-Batam, Jakarta-Balikpapan dan Jakarta-Denpasar. Rencananya, Citilink akan menyasar rute Jogja, Solo, Makasar dan kota lainnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
KPPU Disarankan Selidiki Kasus Hilangnya Tiket AirAsia di Sejumlah OTA
Menpar Arief: Ratusan Penerbangan Tertunda Akibat Tiket Pesawat Mahal
Boeing Rampungkan Pembaruan Perangkat Lunak 737 Max Setelah Alami Kecelakaan
Boeing 737 Max 8 Dilarang Terbang Permanen, Lion Air Pastikan Operasional Terjaga
Pemerintah Larang Permanen Boeing 737 Max 8 Terbang, ini Respons Garuda Indonesia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.