Tajir Melintir, 5 Tokoh Ini Berniat Maju Capres Amerika Serikat 2020

UANG | 12 November 2019 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Amerika Serikat akan kembali menggelar pemilihan presiden pada 2020. Beberapa kandidat mendaftarkan diri menjadi bakal calon Presiden Amerika Serikat, mulai dari pengusaha hingga pejabat negara.

Masing-masing kandidat memiliki jumlah harta kekayaan yang berbeda. Berikut lima besar kandidat calon Presiden Amerika Serikat dengan harta terbanyak alias tajir melintir:

1 dari 5 halaman

Michael Bloomberg

Miliarder asal Amerika Serikat Michael Bloomberg sedang mempertimbangkan untuk masuk dalam bursa pencalonan capres AS dari Partai Demokrat jelang Pilpres 2020 nanti. Melalui juru bicaranya, mantan walikota New York City itu cemas karena kandidat yang ada saat ini tidak cukup baik untuk bisa mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan 2020 mendatang.

BBC melaporkan, Jumat (8/11), Bloomberg yang kini berusia 77 tahun diharapkan segera mengajukan dokumen pada pekan ini untuk nominasi utama Demokrat di Alabama. Hingga saat ini, ada 17 kandidat yang siap bersaing untuk mengambil alih posisi Presiden Trump.

Mantan Wakil Presiden Joe Biden, Senator Massachusetts Elizabeth Warren dan Senator Vermont Bernie Sanders menjadi nama-nama yang lebih dulu mencalonkan diri.

"Kita sekarang harus menyelesaikan pekerjaan dan memastikan bahwa Trump akan dikalahkan," ujar juru bicara Michael Bloomberg.

Menurut Forbes, harta kekayaan Michael Bloomberg berjumlah USD 52,3 miliar. Dia merupakan orang terkaya ke-8 di AS.

2 dari 5 halaman

Donald Trump

Presiden AS Donald Trump dikabarkan akan kembali mencalonkan diri menjadi Presiden Amerika ke-47. Pada pilpres AS 2016, Donald Trump maju dari Partai Republik. Trump diketahui sebagai pengusaha properti kaya. Menurut data dari Forbes, harta kekayaan trump mencapai USD 3,1 miliar.

Rinciannya, Trump memiliki aset pribadi USD 310 juta, brand businesses USD 80 juta, klub dan golf sebesar USD 590 juta. Kemudian real estate di New York City sebesar USD 1,5 miliar dan real estate di luar New York City sebesar USD 660 juta.

3 dari 5 halaman

John Kevin Delaney

John Kevin Delaney aau biasa disapa John Delaney ikut mencalonkan diri untuk Presiden AS dalam pemilu 2020. Delaney diketahui seorang pengusaha sekaligus politisi Partai Demokrat. Ia beberapa kali ikut dalam pemilu AS.

John Delaney pernah menjabat sebagai Dewan Perwakilan AS. Ia mencalonkan diri dari wilayah distrik Maryland ke-6. Tak hanya itu saja, John Delaney juga dikenal sebagai pengusaha sukses.

Pada 1993, John Delaney mendirikan Health Care Financial Partners (HCFP), sebuah perusahaan pinjaman dana bagi penyedia layanan kesehatan kecil. HCFP mulai dikenalkan publik pada 1996. Kemudian, saham HCFP mulai diperdagangkan di New York Stock Exchange pada tahun 1998.

Selain itu, Delaney juga mendirikan CapitalSource pada 2020. CapitalSource merupakan perusahaan pemberi pinjaman dana untuk 5.000 usaha kecil dan menengah. Perusahaan ini berkantor pusat di Chevy Chase, Maryland.

Menurut Forbes, John Delaney memiliki harta sebanyak USD 200 juta atau Rp 2.8 triliun.

4 dari 5 halaman

Elizabeth Warren

Pengusaha dan politisi Partai Demokrat, Elizabeth Warren, berniat ikut mencalonkan diri menjadi presiden AS ke-47 saat pemilu 2020. Elizabeth dan suaminya, Bruce Mann, memiliki kekayaan hingga USD 800.000. Keduanya memiliki perusahaan TIAA dan CREF yang nilainya mencapai USD 4 juta. Tak hanya itu saja, Elizabeth dan Bruce memiliki dua rumah, yaitu rumah di Cambridge, Massachusetts senilai USD 3 juta dan di kondominium di Washington, D.C. senilai USD 800.000.

Elizabeth dan suaminya, Bruce Mann, menyimpan sebagian besar kekayaan di rekening pensiun mereka. Menurut Forbes, harta kekayaan Elizabeth Warren mencapai USD 12 juta atau Rp 168 miliar.

5 dari 5 halaman

Cory Booker

Seorang senator New Jersey sekaligus politisi Partai Demokrat, Cory Booker, merupakan salah satu miliuner di AS. Menurut Forbes, harta kekayaan Cory senilai USD 1,5 juta. Ia memiliki rumah seluas 2.800 kaki persegi di Newark, New Jersey. Kemudian memiliki uang pensiun, rekening cek dan tabungan Bank of America, hingga kepemilikan pensiun Fidelity.

Namun pada Mei 2013, Cory mencatat asetnya senilai USD 222.000 dan USD 730.000, termasuk saham senilai USD 20.000 di perusahaan teknologi seperti Netflix, Facebook, eBay dan Amazon. (mdk/dan)

Baca juga:
Miliarder Michael Bloomberg Ingin Maju Pilpres AS Saingi Trump
Separuh Pemilih di AS Nilai Donald Trump Rasial
Barack Obama Imbau Warga AS Tolak Pemimpin Rasial dan Umbar Ujaran Kebencian
Mantan Direktur CIA: Amerika Tak akan Bertahan Jika Trump Menang Periode Kedua
Siap Lengserkan Donald Trump, Miliuner Tom Steyer Maju jadi Capres AS
Wajah-wajah Penantang Donald Trump dalam Debat Capres AS 2020