Tak Ada Rute Menuju Wuhan, Garuda Indonesia Tetap Antisipasi Penyebaran Virus Corona

UANG | 25 Januari 2020 19:30 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Irfan Setiaputra mengatakan bahwa maskapai penerbangan nasional ini tidak memiliki rute penerbangan menuju Wuhan. Hal ini diungkapkan dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona dari Wuhan, China.

"Garuda Indonesia tidak memiliki rute penerbangan dari dan menuju Wuhan", kata Irfan dalam keterangan pers yang diterima merdeka.com, Sabtu, (25/1).

Meski begitu, Garuda Indonesia tetap meningkatkan pengawasan bersama otoritas bandara setempat. Yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Indonesia khususnya di terminal kedatangan internasional.

Garuda, kata Irfan secara seksama turut mematuhi seluruh kebijakan regulator terkait upaya pencegahan virus tersebut.

Salah satunya melalui kebijakan menyampaikan dokumen kesehatan berupa general declaration of health dan manifes penumpang kepada pos kesehatan KKP di terminal penerbangan internasional. Kebijakan ini berlaku untuk penerbangan langsung maupun transit khususnya dari Tiongkok dan Hong Kong.

1 dari 1 halaman

Penumpang Diminta Tetap Tenang

Garuda Indonesia juga mengimbau para penumpang untuk tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan dan memahami tatalaksana pencegahan penyebaran virus corona. Para penumpang diminta mengedepankan aspek kebersihan diri dan memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan.

Sosialisasi upaya pencegahan juga terus diintensifkan keseluruh jajaran lini operasional. Seperti meningkatkan pemahaman atas pola penyebaran virus, merekomendasikan penggunaan alat pelindung dini seperti masker hingga hand sanitizer bagi petugas, crew maupun penumpang.

Pihaknya juga secara seksama menjaga kondisi kesehatan awak pesawat. Dia memastikan seluruh awak pesawat telah mendapatkan waktu istirahat yang cukup pada saat menjalankan tugasnya.

"Kami terus memantau situasi terkini, mengambil tindakan yang diperlukan dan akan terus memberikan informasi terbaru khususnya terkait dampak atas pelayanan penerbangan," tutup Irfan. (mdk/idr)

Baca juga:
Lion Air Pastikan 7 Penumpang Asal Hunan Bebas Virus Corona
Kesaksian WNI: Tersiksa Akibat Merebaknya Virus Corona di Wuhan, China
Diduga Korban Virus Corona Jatuh Bergelimpangan di Jalan, Menakutkan!
Tarik Turis, Pemerintah Harus Pastikan Indonesia Aman dari Virus Corona
Suhu Badan Tinggi, Kru Lion Air Rute Manado-Guangzhou Langsung Diisolasi
Jawa Barat Berpotensi Terpapar Virus Corona
3 Orang di Malaysia Dilaporkan Positif Virus Corona

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.