Tak Dapat BLT, Masyarakat Bisa Manfaatkan Kartu Pra Kerja Penuhi Kebutuhan

Tak Dapat BLT, Masyarakat Bisa Manfaatkan Kartu Pra Kerja Penuhi Kebutuhan
UANG | 8 April 2020 15:45 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka ruang bagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan pemerintah lewat program keluarga harapan (PKH) atau bantuan langsung tunai (BLT) untuk memanfaatkan kartu pra kerja. Hal ini dilakukan agar pemberian bantuan untuk jaring pengaman sosial (social safety net) terjadi secara merata.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto mengatakan, nantinya manajemen pengelola kartu pra kerja (PMO) bertugas untuk memverifikasi mereka yang mendaftar. Jika masyarakat ini sudah mendapatkan PKH atau BLT maka tidak dianjurkan.

"Nanti PMO akan cek bahwa yang bersangkutan tidak dapat PKH, tidak dapat BLT. Ini untuk menghindari double counting supaya masyarakat bisa dirasakan lebih banyak orang. Misal pengemudi ojek online yang tadinya dapatkan penghasilan harian, sekarang kesempatan bagi mereka untuk ikut pelatihan tingkatkan kualitas skill, sekaligus dapat dukungan pemerintah," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (8/4).

Seperti diketahui, unuk kartu pra kerja sendiri, pemerintah mensyaratkan warga negara Indonesia (WNI) usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menjalani pendidikan formal. Para korban PHK dan pencari kerja juga bisa mengakses program yang menjadi andalan Presiden Joko Widodo.

Peserta kartu Pra Kerja akan menerima Rp3.550.000, terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan untuk empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan dengan total Rp150.000. (mdk/idr)

Baca juga:
Kartu Prakerja Mulai Diakses Minggu Kedua April, Begini Sistem Insentifnya
Cara Mudah Dapatkan Kartu Pra Kerja dan Daftar Onlinenya
Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online, Mudah Tak Perlu Ribet
Fakta Kartu Prakerja yang Harus Anda Ketahui, Telah Resmi Diluncurkan
Corona, Jokowi Tambah Dana Kartu Sembako Murah dan Siapkan Kartu Prakerja
Presiden Jokowi Siapkan Rp10 Triliun untuk Pekerja yang Kena PHK

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5