Tanggapan Arif Budimanta Soal Jadi Menteri Kabinet Jilid II

UANG | 15 Agustus 2019 19:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Teka-teki sejumlah calon menteri kuat di kabinet kerja atau Jokowi Jilid II terus menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Indonesia. Salah satu nama yang ikut mencuat ialah Wakil Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta yang dikabarkan akan menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Saat ditanya mengenai isu tersebut, dirinya mengaku belum ingin berkomentar lebih. Dia justru ingin fokus untuk membangun KEIN terlebih dahulu.

"Kita sih sekarang mengerjakan apa yang sudah ditugasi oleh Presiden sebagai wakil ketua KEIN, menyelesaikan pekerjaan sampai selesai masa baktinya. Itu fokus utama," tuturnya di Jakarta, Kamis (15/8).

Di sisi lain, Arif menilai, pihaknya juga belum tahu persis dari mana informasi tersebut mulai beredar atau terbangun. "Kita kan enggak tahu itu informasinya dari mana. Itu kan masih 'kalau' ya. Yang pasti bahwa berkhidmat kepada bangsa itu tempatnya ada dimana saja. Kita kerja saja yang bagus," ujarnya.

Terlepas dari hal itu, dia menilai rencana Pemerintah memberikan opsi generasi muda untuk menduduki kursi pemerintahan merupakan langkah baik.

"Yang penting itu orientasi kebijakan yang dibangun atas kepentingan nasional, bisa melakukan kerjasama yang baik antar kementerian dan lembaga dan berpihak kepada kepentingan rakyat, bukan kepentingan kelompok tertentu," tambahnya.

Sebelumnya, Susunan menteri untuk Kabinet Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin kembali beredar. Dalam susunan itu terdapat sejumlah nama baru yang akan menduduki kabinet Jokowi jilid II.

Mulai dari Menko Polhukam yang tadinya diduduki Wiranto dalam draf tersebut digantikan oleh Moeldoko. Kemudian Menteri Dalam Negeri yang tadinya diduduki oleh Tjahjo Kumolo kini diduduki Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Lalu tertulis juga dalam draf Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian dijabat Soetrisno Bachir, Menteri Koperasi dan UMKM Eva Kusuma Sundari. Menteri Ketenagakerjaan Reike Diah Pitaloka, Menteri Agraria dan Tata Ruang Arief Budimanta.

Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhamad Prananda Prabowo, Menteri Sosial Zannubah Ariffa Chafsoh, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Grace Natalie, Menteri Pemuda dan Olahraga Erick Tohir. Menkom info Angela Herlina Tanoesoedibjo

Dilanjut Jaksa Agung tertulis lagi akan dijabat oleh Mahfud MD, Sekretaris Kabinet akan dijabat Maruarar Sirait dan Kepala Staf Kepresidenan akan dijabat Diaz Hendro Priyono.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Golkar akan Kaji Komposisi Kabinet 2019-2024 meski Jokowi Tak Ingin Diributkan
Buya Syafii Bocorkan Kabinet Jokowi, Sri Mulyani Kembali jadi Menteri
KEIN Sebut Kementerian Investasi Sudah Jadi Praktik Umum Negara Maju Dunia
NasDem Sebut Kecil Kemungkinan Partai Oposisi Masuk Kabinet
Jokowi Sudah Susun Kabinet, Gerindra Tak Tahu Dapat Jatah atau Tidak
NasDem Tak Pernah Bahas Jatah Menteri dengan Jokowi

(mdk/azz)