Tangkal Dampak Virus Corona, Tiket Pesawat Didiskon 30 Persen Sampai April 2020

Tangkal Dampak Virus Corona, Tiket Pesawat Didiskon 30 Persen Sampai April 2020
UANG » MALANG | 26 Februari 2020 11:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk harga tiket pesawat ke 10 destinasi wisata di Indonesia. Potongan harga ini diberikan untuk meningkatkan pariwisata yang kini merosot akibat wabah virus corona.

Adapun diskon tersebut berlaku untuk wisatawan domestik yang ingin bepergian ke Yogyakarta, Labuan Bajo, Danau Toba, Bangka Belitung, Batam, Bintan, Manado, Bali, Malang, dan Mandalika. Pemerintah telah menganggarkan Rp443,9 miliar untuk memberikan diskon tiket pesawat.

"Untuk wisatawan dalam negeri akan diberikan Rp443,39 miliar insentif dalam bentuk diskon 30 persen potongan harga tiket untuk 25 persen seat (jumlah kursi) per pesawat yang menuju 10 destinasi wisata," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin.

Pemerintah berharap penyaluran dana untuk mendorong pariwisata ini tidak akan mengganggu perekonomian Indonesia di tengah wabah virus corona. Diskon pesawat ini nantinya akan berlaku mulai Maret hingga April 2020. Adapun sifat diskon tersebut on top.

"Airlines dapat memberikan dukungan diskon ini dan insentif pemerintah bersifat on top. Jadi kalau airlines memberikan diskon, ini yang diberikan pemerintah adalah tambahan diskon," jelas Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto di lokasi yang sama.

Menurut dia, pemerintah akan terus mengevaluasi program tersebut. Apabila nantinya program tersebut berpengaruh positif khususnya terhadap perekonomian Indonesia, maka tak menutup kemungkinan pemberian insentif dilanjutkan.

"Pemerintah akan mempersiapkan insentif lainnya dan ini akan melihat kepada perkembangan daripada virus corona dan dampaknya terhadap perekonomian nasional. Mungkin di akhir atau awal April, pemerintah akan bisa mempertimbangkan stimulan-stimulan yang lain," jelas Menko Airlangga.

1 dari 1 halaman

Presiden Jokowi Minta Genjot Industri MICE

minta genjot industri mice rev1

Seperti diketahui, penyebaran virus korona secara global turut memengaruhi banyak negara. Bagi Indonesia, salah satu sektor yang kini cukup terimbas oleh adanya wabah tersebut ialah sektor pariwisata yang belakangan menjadi perhatian khusus.

Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar industri pariwisata dalam negeri memaksimalkan dan menumbuhkan potensi wisata MICE (Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions) yang dimiliki.

Potensi MICE di Indonesia dinilai masih sangat besar, mengingat Indonesia memiliki atraksi wisata yang relatif menarik dan banyak baik itu alam maupun budaya dan atraksi di dalamnya.

"Saya juga minta agar memaksimalkan kegiatan konferensi dalam negeri, MICE, di daerah-daerah tersebut," kata Presiden Jokowi.

Reporter: Lisza Egeham

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Pasien RSUP dr Kariadi Diduga Corona Meninggal, Dipastikan Sakit Pernapasan
Menkes Soal 9 WNI di Diamond Princess: Yang Merawat Sekelas Jepang Loh
Menengok Kehidupan Kota yang Diisolasi karena Virus Corona di Italia
Wabah Corona di Iran, Konflik Antara Agama dan Sains
Tangkal Dampak Virus Corona, Pemerintah Jokowi Siapkan Rp72 Miliar untuk Influencer
Wamenkeu: Ekonomi Indonesia Berpotensi Turun 0,3 Persen Akibat Virus Corona
Pemerintah Masih Cari Strategi Pemulangan WNI di Kapal Diamond Princess

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami