Target Ekspor 7 Juta Ton CPO, GAPKI Minta Pemerintah Nego Bea Masuk dengan India

UANG | 9 Juli 2019 19:19 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menargetkan untuk bisa meningkatkan ekspor minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) ke India hingga 7 juta ton. India sejauh ini memang merupakan importir minyak kelapa sawit terbesar.

"Kita harapkan bisa kembalikan India yang selama ini sebagai importir CPO paling tinggi. Kita harapkan ekspor ke sana bisa kembali ke 7 juta ton," ungkap Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono di Jakarta, Selasa (9/7).

Mukti mengatakan, pada 2017, Negeri Bollywood ini mendatangkan sebanyak 7 juta ton CPO, namun menurun 300.000 ton menjadi 6,7 juta ton pada 2018.

Adapun terpangkasnya jumlah impor pada tahun lalu disebabkan oleh pengenaan bea masuk terhadap produk CPO ke India yang meninggi dari 30 persen menjadi 45 persen, serta produk turunannya dari 40 persen jadi 50 persen per 1 Maret 2018. Kebijakan tersebut sengaja dibuat guna melindungi industri minyak nabati domestik di negara itu.

Menyikapi situasi ini, Pemerintah RI sebenarnya telah memancing India agar bisa bernegosiasi untuk menurunkan bea masuk CPO. Yakni dengan memangkas tarif bea masuk produk gula mentah (raw sugar) yang didatangkan dari India menjadi 5 persen.

Oleh karenanya, Mukti meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan untuk bernegosiasi memberi kelonggaran terhadap tarif bea masuk produk CPO dari Indonesia ke India.

"Yang jelas Menteri Perdagangan (Enggartiasto Lukita) harus bisa lobi mereka. Itu kan antara dua negara nih, kita sudah beri kelonggaran biar gula dari India bisa masuk," ujar dia.

"Mestinya mereka juga beri kelonggaran supaya impor tarifnya bisa turun. Paling tidak sama dengan Malaysia. Kita kena 45 persen (untuk ekspor produk CPO), dia kena 40 persen," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Apkasindo Ajak Petani Kelapa Sawit Melek Teknologi
22 Gubernur Diimbau Buat Aturan soal Tata Niaga Kelapa Sawit
Malaysia akan Tindak Sekolah yang Sebar 'Propaganda Anti Minyak Sawit'
Industri Oleokimia Salah Satu Peraih Insentif Pajak Terbanyak
Cerita Kemenperin Genjot Industri Oleokimia Dalam Negeri
55 Persen Dana Pungutan Ekspor Sawit Didorong untuk Petani
Petani: Pungutan Ekspor CPO Hanya Untungkan Produsen Biodiesel

(mdk/bim)