Tarik Turis Asing, Presiden Jokowi Minta Infrastruktur Candi Borobudur Ditata

UANG | 30 Agustus 2019 10:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Borobudur merupakan satu dari empat destinasi wisata prioritas yang ingin dikembangkan pemerintah menjadi 'Bali Baru'.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut perlunya penataan infrastruktur di Candi Borobudur. Salah satunya, dengan melebarkan jalan di sekeliling Candi Borobudur.

"Perlu penataan-penataan lagi, penataan fisik. Tadi pak Mendikbud menyampaikan bagaimana jalan besar itu bisa menghantarkan yang ingin masuk ke Borobudur dari jauh candinya sudah kelihatan. Kemudian yang melingkari candi juga jalannya masih sangat kurang besar," ujar Presiden Jokowi usai meninjau Candi Borobudur, Jumat (30/8).

Dengan dilakukannya penataan, Presiden Jokowi ingin wisatawan mancanegara semakin banyak yang berkunjung ke Borobudur. Terlebih, saat ini pemerintah juga tengah membangun Bandara Internasional Yogyakarta

Bandara baru Yogyakarta sendiri bisa menampung 20 juta penumpang serta jumlah penerbangan yang lebih banyak. Sehingga, hal ini menjadi momen yang tepat untuk mengembangkan kawasan Borobudur.

"Kita mau cek langsung kebutuhan-kebutuhan yang ada di lapangan sehingga betul-betul nanti mendukung. Apabila ada tambahan turis yang masuk betul-betul siap untuk bisa melayani lebih baik para wisatawan," jelas dia.

Presiden Jokowi menargetkan revitalisasi dan penataan Candi Borobudur dapat rampung 2020, bersamaan dengan selesainya pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta. Jika keduanya rampung, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan mulai mempromosikan kawasan wisata Borobudur.

"Semuanya itu akan diselesaikan, empat itu kita harapkan selesai di akhir 2020. Sehingga kalau di sini (Candi Borobudur) nanti airport yogya itu maret sudah selesai, di sini juga selesai, baru jalan promosinya dan lain-lainnya," tutur Presiden Jokowi.

Reporter: Lisza Egeham

Sumber: Liputan6 (mdk/bim)

Baca juga:
Presiden Jokowi Harap Bandara Baru Yogyakarta Dongkrak Kunjungan Turis
1 Oktober, Pemerintah Beri Kemudahan ini untuk Turis Asing Terima Pengembalian PPN
Pengembangan Infrastruktur Geopark Ciletuh Butuh Sentuhan Tangan Pemerintah Pusat
Upaya Hidupkan Lagi Geliat Wisata di Lombok Usai Gempa Dahsyat
Menteri Jonan Sebut Tak Ada Jargas di Bali
Mendag: Presiden Minta Paviliun Indonesia di Pameran Dunia Lebih Futuristik
Temui Luhut, Bos Grab Bakal Buka Layanan Paket Wisata di Danau Toba

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.