Tekan Impor Elpiji, DEN Terapkan Penggunaan Kompor Listrik ke Seluruh Pegawai

Tekan Impor Elpiji, DEN Terapkan Penggunaan Kompor Listrik ke Seluruh Pegawai
PLN Sosialisasikan Kompor Listrik. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
EKONOMI | 3 Mei 2021 10:18 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dewan Energi Nasional (DEN) bersama PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) meresmikan penggunaan kompor listrik induksi kepada seluruh pegawai di lingkungan Setjen DEN. Langkah ini sebagai upaya mendukung program 1 juta kompor listrik oleh PLN di tahun 2021.

"Pada hari ini saya sampaikan dengan bangga bahwa seluruh pegawai di lingkungan Setjen DEN menggunakan kompor listrik induksi, inisiasi ini merupakan salah satu upaya untuk mulai di lingkungan DEN, mari bersama-sama kita berkontribusi untuk implementasi program transisi energi menuju praktik di kehidupan sehari-hari," kata Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto dalam acara Launching Penggunaan Kompor Listrik Induksi kepada seluruh pegawai DEN, Senin (3/5).

Menurutnya, DEN tidak hanya sebagai policy di bidang energi, namun juga sebagai praktisi dan sekaligus agen perubahan di bidang energi untuk Indonesia yang lebih baik.

Di samping itu, kegiatan ini juga merupakan sebagai pelaksanaan dari grand strategi energi nasional yang sudah DEN sampaikan kepada presiden dan Menteri-menteri kabinet, yaitu salah satu strategi untuk mengurangi laju impor elpiji.

"Di samping itu pemanfaatan kompor listrik juga sebagai wujud kepentingan pelaksanaan dari pada Paris agreement yang sudah ditandatangani oleh Presiden untuk mengurangi pemanasan global,” ujarnya.

Selain itu, penggunaan kompor listrik merupakan wujud pemanfaatan energi yang lebih bersih, agar hidup masyarakat lebih sehat sekaligus turut mendukung target EBT 23 persen di tahun 2025.

"Hari ini merupakan kesempatan yang baik bagi seluruh insan Dewan Energi Nasional dan PT PLN (Persero) untuk memperkenalkan kompor listrik induksi kepada para pegawai di lingkungan Dewan Energi Nasional dan PLN," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Percepatan Transisi Energi

Djoko menjelaskan, inisiasi ini merupakan bentuk komitmen DEN yaitu seluruh jajaran Dewan Energi Nasional untuk berkontribusi pada percepatan transisi energi di Indonesia. Inisiasi ini juga merupakan suatu bentuk gerakan Setjen DEN sebagai agen perubahan.

Dia yakin, pemanfaatan kompor listrik akan memberikan manfaat tidak hanya pada pengguna namun juga pada perkembangan sektor energi di Indonesia. Begitupun kompor listrik induksi merupakan kompor yang ramah lingkungan, sehat dan nyaman, lebih hemat dan efisien karena tidak mengeluarkan gas CO2.

"Kepada seluruh masyarakat kami mengucapkan terima kasih yang sudah menggunakan kompor listrik, dan bagi masyarakat yang belum menggunakan kompor listrik kami mengajak untuk menggunakannya," kata Djoko.

Djoko mengajak kepada seluruh masyarakat untuk beralih menggunakan kompor listrik. Bahkan bagi masyarakat yang hendak menggunakan kompor listrik, PLN akan memberikan tambahan daya secara cuma-cuma.

"Apabila bagi masyarakat yang daya listriknya ingin ditambah karena menggunakan kompor listrik maka PLN akan memberikan daya secara Cuma-Cuma untuk penambahan day aini," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
DEN Targetkan Indonesia Bebas Impor BBM dan LPG di 2030
Ada Pandemi, Presiden Jokowi Minta DEN Dorong Implementasi Ekonomi Hijau
Setjen DEN: Sinergi LEN dan BRI Bantu Capai Target EBT 23 Persen di 2025
DEN Sebut Energi Baru Terbarukan Solusi Masalah Besarnya Impor BBM dan Elpiji
Lantik 8 Anggota DEN, Menteri Arifin Beberkan Strategi Atasi Masalah Energi RI
Komisi VII Dorong Dewan Energi Nasional Dilantik Langsung Jokowi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami