Tekan Penyebaran Virus Corona, Pemerintah Pasarkan APD Karya 50 UMKM

Tekan Penyebaran Virus Corona, Pemerintah Pasarkan APD Karya 50 UMKM
UMKM di Banyuwangi produksi masker kain. ©2020 Merdeka.com
UANG | 6 April 2020 10:24 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Koperasi dan UKM menginisiasi kerja sama dengan PT Daruma Adira Pratama sebagai buyer untuk membantu distribusi penjualan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memproduksi Alat Pelindung Diri (APD).

Hal ini sebagai upaya mendorong dan membantu UMKM untuk bisa terus berkegiatan. Ini juga merupakan langkah konkret dalam menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Kemenkop UKM akan mempertemukan para produsen APD (Alat pelindung Diri) dari kalangan UMKM dengan buyer, PT Daruma Adira Pratama melalui program karya nusantara, untuk didistribusikan kepada rekan medis yang membutuhkan," tulis keterangan dalam akun resmi @kemenkopukm, Senin (6/4).

Selain itu, Kemenkop dan UKM menyebut sudah ada 50 UMKM yang bersiap mengikuti program tersebut, dengan kategori produk APD sebagai berikut:

Masker 29 UMKM, disinfektan 2 UMKM, hazmat coverall (baju pelindung) 7 UMKM, surgical gown (baju operasi) 1 UMKM, Apron medis 2 UMKM, Hand sanitizer 6 UMKM, sabun tangan 2 UMKM, dan disinfektan ruangan portable 1 UMKM.

Kemudian, buyer yang berpotensi membeli APD dari 50 UMKM tadi, yakni Holding Badan Usaha Miik Negara (BUMN) bidang farmasi, Lembaga Kemanusiaan, Kementerian Kesehatan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Selanjutnya: Daftar UMKM Produksi APD...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami