Telan Rp900 Miliar, Proyek Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2 Rampung 2022

UANG | 20 November 2019 11:54 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Pembangunan Jaya Tbkmemulai ground breaking pembangunan Pasar Senen Jaya Blok 1 dan 2. Perseroan menyiapkan dana sekitar Rp900 miliar untuk kedua proyek yang ditargetkan selesai 2022.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Tbk, Trisna Muliadi, mengatakan mulanya pengembangan Pasar Senen akan dilakukan untuk Blok 5. Namun, karena Blok 1 dan 2 sempat terbakar, akhirnya kedua tempat tersebut yang lebih dulu diprioritaskan.

"Berdasarkan jadwal, saat ini Blok 5 yang harus dibangun. Namun karena blok 1-2 terbakar, jadi urgensinya blok 1-2 yang perlu dibangun. Jadi blok 1-2 lebih cepat dari rencana pembangunan kami," jelasnya di proyek Blok 1 dan 2 Pasar Senen Jaya, Jakarta, Rabu (20/11).

Sementara itu, Wakil Direktur UtamaPT Pembangunan Jaya Tbk Yohannes Henky Wijaya menyampaikan, pihaknya berinvestasi sekitar Rp900 miliar untuk pembangunan Blok 1 dan 2 Pasar Senen Jaya ini.

"Investasinya kira-kira Rp900 miliar. (Modal) Pembiayaannya kan pasti ada dari sewa kepada para pedagang, kemudian ada juga dari asuransi, karena kan waktu itu (Blok 1 dan 2) terbakar," ungkap dia.

Pria yang akrab disapa Henky ini menerangkan, luas lahan dari kedua blok pasar itu sekitar 68.000 meter persegi. Targetnya, proyek ini dapat rampung pada April 2022.

Untuk proses pembangunan, Blok 1 dan 2 Pasar Senen nantinya bakal dikerjakan oleh beberapa anak usaha yang berada di bawah PT Pembangunan Jaya. "Terus kemudian nanti pembangunannya oleh Jaya Konstruksi bersama dengan Jaya Teknik Indonesia," tukas Henky.

1 dari 1 halaman

Hangus Terbakar, Bangunan Pasar Senen Dapat Asuransi Rp116 Miliar

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono telah meminta PD Pembangunan Jaya membangun kembali bangunan Pasar Senen yang ludes diamuk si jago merah. Sumarsono tidak khawatir dengan biaya pembangunan mengingat gedung Pasar Senen mendapat asuransi Rp116,9 miliar.

Sumarsono menegaskan, asuransi tersebut bukan untuk pemilik kios karena sifatnya asuransi pribadi, namun asuransi gedung secara keseluruhan. "Terhadap pedagang enggak ada asuransi karena asuransi sifatnya individual. Itu asuransi bangunan, bukan pedagang," ujar Sumarsono, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/1).

Sumarsono telah menggelar rapat dengan PD Pembangunan Jaya. Dari hasil rapat tersebut mereka sepakat membangun dan menata kembali pasar tersebut.

"Semalam sudah rapat, saya lembur dengan Pembangunan Jaya untuk menata layoutnya. Saya panggil mereka untuk rapat di rumah dinas sampe larut malam. Prinsip Pembangunan Jaya sudah sangat setuju," ungkapnya.

Nantinya, setelah pembangunan kembali rampung, para pedagang yang direlokasi akan kembali menempati kiosnya masing-masing.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

(mdk/bim)

Baca juga:
Wajah baru Pasar Senen Blok III berfasilitas modern layaknya mal
Bangunan lama bekas kebakaran Pasar Senen dibongkar
Pedagang Pasar Senen korban kebakaran: Ahok-Djarot lebih peduli kami
Korban kebakaran Pasar Senen kesal lapak dagang tak sesuai janji
Puluhan jam terbakar, pembangunan Pasar Senen memakan waktu 1 tahun
Djarot janjikan korban kebakaran Pasar Senen tak dibebani biaya sewa
2 Pekan ke depan, pedagang Pasar Senen bersih dari tepi jalan