Telkomsel: Layanan Komunikasi Pasca Tsunami Selat Sunda Berangsur Normal

UANG | 23 Desember 2018 14:00 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Operator telekomunikasi seluler Telkomsel menyatakan bahwa layanan komunikasi telah berjalan normal usai bencana tsunami yang menerjang kawasan pesisir Selat Sunda. Layanan berangsur normal pantauan sampai pada pukul 07.00 WIB.

"Secara umum layanan komunikasi Telkomsel telah berjalan normal sampai dengan pagi ini pukul 07.00 WIB," tutur Manager Corporate Communication Telkomsel Area Jabotabek Jabar Aldin Hasyim seperti ditulis Antara, Minggu (23/12).

Aldin lebih lanjut menjelaskan bahwa BTS Telkomsel di kawasan tersebut tidak terkena air akibat gelombang tinggi yang menerjang. "Ada beberapa layanan BTS yang tidak berfungsi akibat padamnya arus listrik dari PLN," ujar Aldin.

Menurutnya, saat ini upaya pemasangan genset pada BTS yang listriknya pada sedang dilakukan agar layanan komunikasi kembali pulih. Untuk diketahui, tsunami melanda kawasan pesisir Banten dan Lampung pada Sabtu malam (22/12) pukul 21.30 WIB.

Daerah-daerah yang terdampak bencana tsunami ini adalah permukiman dan kawasan wisata di sepanjang Pantai seperti Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Penimbang dan Carita.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban jiwa akibat tsunami dan gelombang tinggi yang menerjang pantai Selat Sunda, bertambah menjadi 43 orang.

Selain itu sebanyak 430 unit rumah, sembilan hotel, dan 10 kapal mengalami rusak berat, sementara puluhan kapal lainnya juga rusak, demikian menurut BNPB.

Baca juga:
Analisa Ilmuwan Soal Longsor Laut Penyebab Tsunami Anyer
Genangan Air Tertangkap Citra Satelit Google Earth Pasca-Tsunami Anyer
Kemenhub Pastikan Sarana dan Prasarana Pelabuhan Banten Tak Terdampak Tsunami
Pasca Tsunami, Empat SPBU Milik Pertamina di Lampung Berjalan Normal
4 Kecamatan Terparah Kena Tsunami di Lampung, Warga Ngungsi ke Kantor Gubernur
Kabar Hantaman Maut Tsunami Anyer Disorot Dunia
Pasca Tsunami, Layanan Penyeberangan Merak-Bakauheni Beroperasi Normal

(mdk/azz)