Temuan BPS: 66,47 Persen Penerima Kartu Prakerja Berstatus Pekerja

Temuan BPS: 66,47 Persen Penerima Kartu Prakerja Berstatus Pekerja
UANG | 27 November 2020 10:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi telah meluncurkan program Kartu Prakerja sejak April 2020. Program ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Mulanya, program ini direncanakan untuk menangani pengangguran di Indonesia agar mendapatkan pelatihan, baik untuk berwirausaha maupun upskilling sebagai bekal untuk mencari kerja.

Dalam situasi pandemi covid-19, pemerintah memutuskan untuk menggulirkan program Kartu Prakerja ini merangkap sekaligus sebagai bantuan sosial, utamanya bagi masyarakat tuna karya yang terdampak pandemi.

Namun, temuan Badan Pusat Statistik (BPS) justru bertolak belakang dengan tujuan program ini diluncurkan. Di mana mayoritas penerima Kartu Prakerja justru berstatus bekerja, yakni 66,47 persen.

"66,47 persen penerima Kartu Prakerja itu statusnya adalah pekerja. Sementara 22,24 persennya pengangguran, dan 11,29 persennya merupakan Bukan Angkatan Kerja (BAK),” papar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto seperti dikutip, Jumat (27/11).

Sebagai catatan, Kecuk menambahkan, dari penerima Kartu Prakerja yang masih bekerja, sekitar 63 persennya berstatus pekerja penuh.

Sisanya sebesar 36 persen merupakan pekerja tidak penuh atau bekerja di bawah 35 jam per minggu. Kelompok ini tergolong sebagai pekerja paruh waktu atau setengah pengangguran.

"Artinya income mereka sangat terbatas. Oleh karena itu bisa dimaklumi, meskipun statusnya mereka bekerja, mereka apply dalam program kartu prakerja," tukas dia.

Reporter: Pipit Ika Ramdhani

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Menaker Ida Sayangkan Banyak Korban PHK Tak Lolos Program Kartu Prakerja
Simak, Perbedaan Program Kartu Prakerja di 2021
Begini Cara Pemerintah Jaga Kualitas Pelatihan Program Kartu Prakerja
Moeldoko Harap Pelatihan Kartu Prakerja Tahun Depan Sudah Bisa Tatap Muka
Survei BPS: 28 Persen Peserta Kartu Prakerja Tergiur Insentif
Kemenko Perekonomian: 300.000 Peserta Kartu Prakerja Belum Selesaikan Pelatihan

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami