Temui Menko Airlangga, INACA Minta Penurunan Batas Larangan Suku Cadang Pesawat

Temui Menko Airlangga, INACA Minta Penurunan Batas Larangan Suku Cadang Pesawat
UANG | 26 Desember 2019 19:10 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Indonesia National Air Carriers Association atau INACA meminta penurunan besaran larangan terbatas impor suku cadang pesawat. Pada hari ini, INACA mendatangi kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membahas hal itu.

"Kan kita ketahui, industri penerbangan salah satu transportasi yang cukup kompleks. Jadi yang tadi kita bahas dengan Pak Menko, terkait dengan larangan dan pembatasan spare part," kata Ketua umum INACA, Denon B Prawiraatmadja, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (26/12).

Dia menjelaskan saat ini Indonesia memiliki pembatasan dan larangan impor spare part pesawat sampai dengan 47 persen. Hal itu dinilai terlampau tinggi jika dibandingkan dengan negara lain. "Kalau di negara-negara lain seperti di Malaysia itu kan, lebih rendah, 17 persen," ujarnya.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah mengkaji ulang aturan tersebut. "Kami dari Asosiasi menyampaikan kepada Pak Menko, harapan kami ke depan untuk kelancaran industri penerbangan ini, bisa diturunkan persentasinya, sehingga kelancaran bisnis aviasi penerbangan bisa lebih baik. Itu utama yang tadi di sampaikan," tutupnya.

Baca Selanjutnya: Turunkan Harga Tiket Pemerintah Kaji...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami