Temukan Cadangan Emas Besar di Pani, J Resources Hitung Ulang Nilai Investasi

UANG | 17 Juni 2019 17:13 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Perusahaan tambang emas, PT J Resources Asia Pasifik Tbk bakal menghitung ulang nilai investasi untuk pengembangan tambang Pani yang berlokasi di Gorontalo. Hal tersebut disebabkan adanya peningkatan cadangan yang signifikan.

"Kita mendapatkan cadangan yang jauh lebih besar dari pada yang kita dapatkan sebelumnya," kata dia saat ditemui, di Jakarta, Senin (17/6).

Dalam perhitungan sebelumnya diketahui cadangan tambang Pani sebesar 135 ribu oz. Jumlah cadangan tersebut kemudian meningkat signifikan menjadi 1,7 juta oz.

"Jadi dihitung ulang. Pani itu bukan kita delay. Justru kita mendapatkan cadangan yang signifikan besarnya. Dari 135 ribu oz, jump ke 1,7 juta oz. Itu besar sekali," ujarnya.

Peningkatan jumlah cadangan yang demikian besar mengharuskan pihaknya untuk melakukan feasibility study ulang untuk proyek itu. Proses feasibility study ditargetkan selesai pada tahun ini.

Selain itu pihaknya pun harus melapor ke Kementerian ESDM tentang peningkatan cadangan. "Kita akan sampaikan ke ESDM. Jadi kita tidak bisa kita gunakan studi kelayakan yang lama. Itu kita harus revisi studi kelayakan bukan kita mau mendelay Pani. (Kapan mulai proyek?) Sampai studi kelayakan disetujui pemerintah lagi," tandasnya.

Edi menambahkan untuk produksi tahun ini, perusahaan memasang target di kisaran 138 ribu oz. Jumlah ini, jelas Edi, itu tidak jauh berbeda dengan 131 ribu oz pada tahun 2017 dan 135 ribu oz pada tahun 2018.

Baca juga:
J Resources Fokus Kembangkan Tambang Emas Doup di 2019 Senilai Rp1,93 triliun
Penampakan Kerusakan Alam Akibat Tambang Emas Ilegal di Peru
WN China Penambang Emas di Gorontalo Tewas Terjatuh di Lubang Tambang
Mengawal Tim Penyelesaian Sengketa hingga PT EMM Hengkang dari Aceh
Geger Emas di Perut Bumi Aceh
Gugatan Terhadap PT EMM Ditolak, Walhi Sebut Putusan PTUN Lukai Keadilan

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT