Tenaga Kesehatan Diminta Penuhi Administrasi agar Insentif Segera Cair

Tenaga Kesehatan Diminta Penuhi Administrasi agar Insentif Segera Cair
Virus Corona. ©2020 Merdeka.com
UANG | 4 Februari 2021 20:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19, Prof Wiku Adisasmito meminta kepada para tenaga kesehatan untuk segera memenuhi administrasi yang dibutuhkan. Ini diperlukan agar dana insentif dapat segera diterima.

"Kepada fasilitas pelayanan kesehatan untuk segera memenuhi persyaratan administrasi yang dibutuhkan sehingga dana insentif ini dapat diterima oleh tenaga kesehatan," kata Wiku dalam chanel Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, penyaluran dana insentif tenaga kesehatan di tingkat daerah baru mencapai 72 persen dari total yang sudah dikirim oleh pemerintah pusat. Di mana, realisasi dari pemerintah daerah baru mencapai Rp 3 triliun.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Astera Primanto Bhakti, mengatakan pemerintah pusat sudah menyalurkan hampir 100 persen insentif tenaga kesehatan ke kas daerah. Nilainya Rp 4,17 triliun.

"Realisasi oleh pemerintah daerah yang dibayarkan ke nakes sekitar 72 persen, ada sekitar Rp3 triliun. Sisanya masih ada di anggaran kas daerah," tutur Astera.

Diungkapkannya, Kemenkeu bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengingatkan pemerintah daerah agar menuntaskan penyaluran insentif sesuai harapan. Hal ini disampaikan Kemenkeu dan Kemendagri melalui surat pada Kamis, 4 Februari 2021.

Pemerintah pusat melalui surat tersebut meminta agar sisa dana di kas daerah dapat segera dialokasikan kembali ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk 2021. "Sehingga pelaksanaan pembayaran bisa sesuai dengan yang diharapkan," tuturnya.

Adapun sampai saat ini pemerintah belum mengubah kebijakan mengenai insentif tenaga kesehatan untuk 2021. Besaran insentif yang berlaku tetap sama dengan yang diberlakukan pada 2020. (mdk/idr)

Baca juga:
Pemerintah Kaji Insentif untuk Tenaga Kesehatan yang Lakukan Vaksinasi Covid-19
Kemenkeu Sudah Cairkan Rp 4,17 T Insentif Nakes 2020, Pemda Baru Salurkan Rp 3 T
Kemenkeu: Anggaran Kesehatan di 2021 Bisa Melonjak Capai Rp254 Triliun
Dana Insentif Tenaga Kesehatan Rp1,17 Triliun Nyangkut di Rekening Kas Daerah
Kemenkeu: Besaran Insentif Tenaga Kesehatan di 2021 Sama Seperti di 2020

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami