Terapkan 6 Hal ini Saat Pilih Perusahaan yang Tepat untuk Bekerja

Terapkan 6 Hal ini Saat Pilih Perusahaan yang Tepat untuk Bekerja
Ilustrasi bekerja. ©2019 Merdeka.com/Pexels
EKONOMI | 23 Juni 2022 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Memilih perusahaan yang tepat dalam berkarir kadang sangat membingungkan. Hal ini bukan hanya mengenai upah atau gaji yang sesuai, namun juga apakah perusahaan tersebut bisa memberikan rasa nyaman kepada pekerjanya.

Terkadang, seseorang bisa memiliki gaji yang besar dan sesuai dengan pilihannya, namun lingkungan bekerjanya tidak nyaman. Ada pula pekerja yang merasa sangat nyaman bekerja di perusahaan dengan lingkungan kerja yang sehat, namun gaji yang diberikan di bawah standarnya.

Untuk itu, agar bisa menentukan dengan lebih tepat lagi, Anda perlu menerapkan tips untuk mendapatkan tempat kerja yang sesuai tujuan karir Anda, dikutip JobStreet.

1. Menentukan goals dalam berkarir

Ini adalah langkah awal yang penting supaya karir Anda lebih terarah dan Anda merasa puas dengan apa yang dikerjakan. Tujuan karir bisa membantu Anda menyusun strategi.

Cobalah tanyakan hal ini pada dirimu: langkah apa saja yang ingin diambil? Apa yang ingin Anda capai sekarang? Dengan mengetahui hal ini, kriteria perusahaan yang Anda inginkan bisa menjadi lebih spesifik.

2. Cari tahu profil perusahaan yang akan Anda lamar

Salah satu pertanyaan yang sering muncul saat wawancara kerja adalah 'mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?'

Sebelum wawancara, bahkan sebelum memutuskan untuk melamar, Anda bisa mencari tahu tentang visi misi perusahaan, industrinya, dan pekerjaan yang saat ini dilakukan. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa melihat apakah visi misi perusahaan sejalan dengan tujuan karir Anda.

3. Menentukan metode kerja yang ideal

Metode kerja yang ideal juga menjadi faktor penentu kenyamanan bahkan kinerja saat bekerja. Apakah Anda orang yang lebih nyaman bekerja dengan waktu dan tempat yang fleksibel? Atau Anda membutuhkan rutinitas dan waktu yang jelas setiap harinya? Anda juga bisa mempertimbangkan dengan melihat faktor lainnya, seperti jarak perusahaan dengan tempat tinggalmu atau efektifitas kerja.

2 dari 2 halaman

4. Melihat lingkungan dan budaya perusahaan

lingkungan dan budaya perusahaan rev1

Beberapa orang ingin bekerja di perusahaan yang karyawannya memiliki kelompok usia yang sama dengannya, namun ada juga yang tidak masalah dengan perbedaan umur. Anda bisa menyesuaikan apakah ini juga faktor penentu bagimu.

Selain itu, setiap perusahaan mempunyai nilai (value) masing-masing. Misalnya, Anda bisa memastikan bahwa calon perusahaan tidak diskriminatif baik terhadap suku, agama, dan gender.

5. Memastikan dorongan dalam berkarir

Hal ini juga menjadi salah satu faktor penting dalam mencari perusahaan. Selain cara kerja, Anda bisa melihat sistem kerja yang cocok untuk Anda. Kalau Anda tipe orang yang tertarik dengan tantangan dan pekerjaan yang bergerak cepat sesuai tren, mungkin Anda cocok bekerja di start-up.

Kalau Anda merasa terdorong untuk mengejar target, Anda juga bisa mencari perusahaan yang target-oriented. Selain itu, ada juga perusahaan dan posisi yang menawarkan kestabilan dalam pekerjaan sehari-harinya. Sesuaikanlah hal ini dengan tujuan karir juga.

6. Mempertimbangkan fasilitas

Tidak ada salahnya mempertimbangkan fasilitas dari sebuah perusahaan. Contohnya, ada start-up yang kantornya berlokasi di gedung perkantoran, menyediakan camilan, bahkan napping room. Namun, ada juga start-up yang lokasinya di ruko atau perusahaan korporat yang berlokasi di gedung lama.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan hal lainnya seperti: apakah perusahaan menyediakan asuransi sesuai kebutuhan, menyediakan makan siang atau tidak, bisa reimburse uang parkir atau tidak, dan yang lainnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Perusahaan Wajib Tahu, Ini Alasan Karyawan Mengundurkan Diri Massal
3 Tips Jitu untuk Generasi Milenial Atur Keuangan dan Penuhi Kebutuhan
Tips Ajarkan Finansial Pada Anak: Jangan Beri Mereka Uang
Tips Jitu Kumpulkan Dana Haji
Cara Membuat Rekening untuk Anak di Bawah 17 Tahun di BRI, BNI, dan BCA
Mengenal Utang Produktif, Cara Pemanfaatan Menuju Kaya Raya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini