Terapkan Bisnis Berkelanjutan, BTN Masuk Daftar Indeks SRI-KEHATI

UANG | 12 November 2019 15:29 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk masuk dalam daftar Indeks SRI-KEHATI periode November 2019-April 2020. Masuknya emiten bersandi saham BBTN ini dalam indeks tersebut sejalan dengan komitmen perseroan menerapkan bisnis berkelanjutan.

Indeks SRI-KEHATI merupakan daftar perusahaan yang memiliki komitmen untuk melakukan upaya pengelolaan manajemen berkelanjutan yang peduli terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik. Indeks yang diluncurkan pada 8 Juni 2009 tersebut diluncurkan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) dengan menggandeng PT Bursa Efek Indonesia.

Direktur Bank BTN, Nixon L. P. Napitupulu mengatakan, pihaknya telah lama berfokus menerapkan pengelolaan bisnis berkelanjutan. Pada tahun ini, Bank BTN kian mantap menerapkan kebijakan bisnis berkelanjutan. Terpilihnya perseroan dalam daftar indeks tersebut, ungkap Nixon, akan kian memacu semangat manajemen untuk berinovasi dalam penerapan bisnis berkelanjutan.

"Hingga 2023 mendatang, kami membidik menjadi bank terdepan dalam sektor perumahan dan mitra keluarga terpercaya dengan menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan," jelas Nixon di Jakarta, Selasa (12/11).

Nixon memaparkan dalam lima tahun penerapan keuangan berkelanjutan, perseroan bakal menggelar berbagai inovasi di berbagai lini. Secara internal, Bank BTN terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berorientasi pada keuangan berkelanjutan. Bank spesialis kredit perumahan ini juga akan kian gencar memperkuat komunikasi dan sosialisasi terkait keuangan berkelanjutan.

Nixon menjelaskan perseroan juga akan mulai mengimplementasikan konsep green office. Kemudian, perseroan juga terus melanjutkan digitalisasi proses dan operasi bisnis.

"Dalam lima tahun mendatang, kami membidik akan meluncurkan green lending, layanan perbankan ramah disabilitas, termasuk menghadirkan kartu kredit terkait lingkungan dan sosial bagi para nasabah kami."

1 dari 1 halaman

BTN Terapkan Tata Kelola Baik

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI Riki Frindos menyebutkan masuknya Bank BTN dalam indeks tersebut menunjukkan perseroan memiliki komitmen untuk melakukan upaya pengelolaan manajemen berkelanjutan. Upaya tersebut terlihat dari aktivitas Bank BTN yang peduli terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik.

Menurut Riki, hadirnya indeks tersebut juga bertujuan menjadi penunjang pembangunan Indonesia berkelanjutan agar dapat memberikan dampak positif bagi dunia usaha di Indonesia.

"Kami mengharapkan perusahaan dapat mempertahankan komitmen tersebut dan melakukan upaya-upaya peningkatan pengelolaan manajemen berkelanjutan yang peduli terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik," tutup Riki. (mdk/azz)

Baca juga:
Presiden Jokowi Sudah Kantongi Nama Dirut Baru Bank Mandiri dan BTN
Relokasi Kantor, Bank BTN Incar DPK di Kanwil 3 Sebesar Rp22 triliun
Erick Thohir Umumkan Bos Baru Bank BTN Akhir Bulan Ini
BTN Siap Dukung Pengembangan 10 Destinasi Wisata Prioritas
BTN Target Layanan SimPel Raup Dana Rp76 Miliar Hingga Akhir 2019
Genjot Dana Pihak Ketiga, BTN Luncurkan Program Kemilau Emas