Terapkan Prinsip 3I untuk Sukses Kelola Uang Bulanan

Terapkan Prinsip 3I untuk Sukses Kelola Uang Bulanan
UANG | 19 September 2020 14:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Afifa, memaparkan cara mengelola uang bulanan. Poin yang terpenting adalah 3I (Insyaf, Irit, dan Invest).

"Pada dasarnya pengelolaan keuangan ini sangat dibutuhkan dan berguna bagi kita seumur hidup. Tidak hanya berfokus pada meraih pendapatan sebanyak-banyaknya saja, tetapi tentang bagaimana kita bisa memastikan dan menyeimbangkan antara pemasukan dan pembiayaan ke depannya," ujar Afifa dalam sesi Webinar "Satu Jam Bersama MAMI" pada Sabtu (19/9).

Alfifa menjelaskan bahwa hal penting yang bisa dilakukan adalah poin I yang pertama yaitu, Insaf. Menurutnya, banyak orang mengalami kesulitan keuangan, bahkan ironisnya orang yang pendapatannya berjuta-juta saja masih suka mendapatkan masalah keuangan di hidupnya.

"Oleh karena itu, jangan sampai uang yang mengontrol kita, tapi kita yang mengontrol uang," jelas Afifa.

Insaf yang dimaksudkan di sini adalah belajar untuk sadar mengenai target atau budget. Kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian besar saat baru mendapatkan pemasukan adalah tidak mempersiapkan simpanan untuk rencana ke depan, tetapi dihabiskan begitu saja pada hari ini.

Selain itu, mulailah mencatat sumber pendapatan Anda serta diskusikan masalah Anda pada penyandang dana, seperti orang tua, wali, atau lembaga instansi. "Ketika Anda mengalami kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan, boleh ditanya ke orang tua apakah bisa dapat uang tambahan. Namun, kalau kondisinya tidak memungkinkan, coba minta izin untuk bekerja sampingan. Asal tidak mengganggu perkuliahanmu ya," papar Afifa.

Baca Selanjutnya: I Kedua...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami