Terapkan Smart Grid, PLN Bakal Otomatisasi Gardu Induk

Terapkan Smart Grid, PLN Bakal Otomatisasi Gardu Induk
PLN. Istimewa ©2018 Merdeka.com
EKONOMI | 26 Februari 2021 22:00 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, pemerintah akan menerapkan inovasi jaringan cerdas (Smart Grid) di Jawa-Bali. Direktur Perencanaan, PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero), Ikbal Nur mengatakan fokus utama program ini akan melakukan otomatisasi pada gardu induk.

"Fokus utama smart grid ini pada otomasi gardu induk," kata Ikbal dalam Webinar Smart Grid: Implementation of Smart Grid, Jakarta, Jumat (26/2).

Selain itu, secara bertahap smart grid juga diterapkan pada distribusi. Menggunakan elektrifikasi di daerah remote dan instalasi advance metrik. Sehingga, selama 5 tahun ke depan akan terjadi resiliensi dari sistem pelanggan.

"Ini yang akan kita cita-citakan, bagaimana merespons dinamika kelistrikan termasuk transisi energi yang kita hadapi 5 tahun ke depan," kata Ikbal.

Transisi ke sistem digital di Jawa-Bali ini akan didesain ulang dengan menggunakan (Decision Support System) DSS. Sementara penerapan smart grid ini akan dibuatkan program yang realistis secara bertahap. "Kami akan realistis targetnya karena ini masih rendah, tapi kami akan targetkan di tahun 2021," kata dia.

Dia menambahkan, penggunaannya di tahun 2020 juga masih dalam skala kecil. Namun di tahun ini akan diperbaiki dan disempurnakan lagi.

Baca Selanjutnya: Apa itu Smart Grid?...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami