Terdampak Virus Corona, Pengusaha Minta Tunda Pembayaran THR Karyawan

Terdampak Virus Corona, Pengusaha Minta Tunda Pembayaran THR Karyawan
UANG | 26 Maret 2020 14:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta mendesak agar pemerintah mengeluarkan kebijakan yang bisa mengurangi beban pengusaha di tengah pandemi virus corona. salah satunya soal kewajiban dalam membayar Tunjangan Hari Raya (THR).

Ketua Umum DPD HIPPI, Sarman Simanjorang mengatakan, di tengah situasi wabah virus corona atau Covid-19 banyak pelaku usaha secara pendapatan tertekan. Untuk itu, dia meminta agar pemerintah memberikan keringanan bagi pengusaha.

"Pengusaha berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan dapat memberikan solusi dalam bentuk kebijakan khusus. Sekiranya pelaku usaha tidak dapat memberikan sama sekali THR atau hannya mampu memberikan 50 persen misalnya," kata dia di Jakarta, Kamis (26/3).

Dia mengatakan sekiranya pemerintah membuka opsi yang memungkinkan agar pemberian THR ditunda sampai keuangan perusahaan memadai. Dia pun menjamin tidak menghilangkan tanggung jawab pelaku usaha, dan seluruh hak-hak pekerja dipastikan terpenuhi.

"Ini harus segera di evaluasi atau ditindaklanjuti oleh Kementerian Ketenagakerjaan agar sedini mungkin dapat melakukan perundingan antara perwakilan pekerja dan managemen perusahaan untuk mencari jalan terbaik," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Minta Pengertian Para Buruh

para buruh rev1

Di sisi lain, pelaku usaha juga berharap agar para pekerja melalui Serikat Buruh atau Serikat Pekerja dapat merasakan tekanan dan beban pengusaha dalam kondisi seperti ini. Jangan sampai memaksakan sesuatu yang tidak dapat di berikan pengusaha yang ujung ujungnya mengganggu keharmonisan hubungan industrial yang sudah berjalan baik selama ini.

"Bertahan saja sampai badai ini berlalu sudah merupakan sesuatu yang luar biasa. Kita doakan agar masalah virus corona ini cepat berlalu sehingga aktivitas bisnis dan perekonomian dapat pulih kembali," tandas dia. (mdk/idr)

Baca juga:
Bank Dunia Beri Pinjaman Rp4,9 Triliun Dukung Pertumbuhan Ekonomi RI
Kalkulasi Sri Mulyani, Pertumbuhan Bisa 0 Persen Jika Virus Corona Lebih dari 3 Bulan
Bank Indonesia Prediksi Perlambatan Ekonomi Berlangsung Hingga Mei 2020
Bank Indonesia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Turun Jadi 2,5 Persen
Bank Indonesia Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020
7 Langkah BI Jaga Stabilitas Ekonomi Hadapi Dampak Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami