Terlambat Sampaikan Laporan Keuangan, Pertamina Ditegur Kementerian BUMN

UANG | 31 Mei 2019 19:43 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) baru saja menyampaikan laporan keuangan perusahaan sepanjang 2018. Namun, pengumuman tersebut rupanya molor selama 3 bulan. Sebab, seharusnya sudah dilakukan sejak Februari 2019.

"Dari sisi penyampaian laporan keuangan terjadi keterlambatan. Itu mustinya disampaikan pada Februari, namun demikian ini terlambat beberapa bulan," tegur Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno di Jakarta, Jumat (31/5).

Fajar mengungkapkan, keterlambatan tersebut berdampak terhadap sisi kesehatan perusahaan, khususnya dari aspek administrasi.

"Akibatnya, tingkat kesehatan Pertamina khususnya aspek administrasi ada yang berkurang nilainya," sebut dia.

Namun, dia kemudian mengapresiasi upaya Pertamina yang segera mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada hari ini untuk mengumumkan laporan keuangannya.

"Sesuai ketentuan undang-undang, RUPS yang dilakukan hari ini bisa sampai bulan Juni. Namun bisa kita selesaikan sebelum bulan Juni," ujar dia.

Menanggapi argumen tersebut, Pelaksana Tugas Harian (PTH) Direktur Utama Pertamina Pahala Nugraha Mansyur menyatakan, pihaknya terlambat menyampaikan laporan keuangan lantaran masih harus menghitung pendapatan perseroan pada 2018.

"Kalau kita ingin mengakui piutang dari sisi kita, kita juga ingin memastikan proses audit yang dilakukan Pertamina bersama-sama pemerintah pusat juga waktunya berdekatan. Jadi itu yang menyebabkan penundaan, karena kita ingin mengakui seluruhnya, termasuk penggantian yang kita peroleh dari pemerintah," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
YLKI: Kebijakan Cashback Pertamina Tingkatkan Keamanan Saat Mudik
Pertamina Siapkan Belanja 2019 Rp80 T, Jadi Alasan Setoran Dividen 2018 Turun
Pertamina Raup Laba 2018 Rp35,99 T Serta Setor Dividen Rp7,9 T ke Negara
Raup Pendapatan Rp600 T, Pertamina Ditaksir Catatkan Laba 2018 Rp20 T
Pertamina Dorong Pemudik Gunakan Pertamax
Gelar Mudik Gratis, Pertamina Berangkatkan 11.000 Pemudik ke Kampung Halaman

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT