Tes SKD CPNS 2021 Terbagi 3 Kelompok, Berikut Kisi-Kisi Soalnya

Tes SKD CPNS 2021 Terbagi 3 Kelompok, Berikut Kisi-Kisi Soalnya
CPNS. ©2018 liputan6.com
EKONOMI | 29 Juli 2021 17:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah meluncurkan nilai ambang batas atau passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021.

Adapun SKD CPNS 2021 akan terbagi jadi tiga kelompok tes, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"SKD CPNS 2021 terbagi jadi tiga kelompok, yaitu TWK dengan 30 butir soal, TIU 35 butir soal, dan TKP 45 butir soal," jelas Analis Perencanaan Kementerian PANRB Aldita Adnan Wrisaba dalam sesi teleconference, Kamis (29/7).

Aldita memaparkan, Tes Wawasan Kebangsaan terdiri dari 5 item, meliputi Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, dan Bahasa Indonesia.

Dari kelompok tes ini, peserta SKD CPNS 2021 akan diuji terkait identitas dan komitmen untuk mencapai tujuan nasional, hingga pemahaman soal nilai-nilai dalam Pancasila serta UUD 1945.

Sementara dalam tes TIU, peserta SKD akan ditantang kemampuan verbal yang terdiri dari 3 sub item seperti analogi, silogisme dan analitis. Item berikutnya pada TIU berupa Numerik yang akan menguji peserta lewat kemampuan berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita.

Lalu juga ada kategori soal dalam kelompok Figural yang terdiri dari tiga sub item terkait analogi, ketidaksamaan hingga serial.

Sedangkan untuk materi soal TKP, peserta SKD CPNS 2021 akan diuji lewat enam pertanyaan seputar pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi komunikasi (TIK), profesionalisme, hingga anti radikalisme.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Ini Passing Grade yang Harus Dilampaui Pelamar Biar Lulus Tes SKD CPNS 2021
Simak Cara Mudah Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021
Fakta-Fakta Proses Pendaftaran CPNS 2021 Sesaat Usai Resmi Ditutup
BKN: Seleksi Administrasi CPNS akan Diumumkan 2-3 Agustus
Tembus 4,54 Juta Pelamar CPNS, Ini 20 Instansi Paling Banyak Diburu
KitaLulus Gelar CPNS & CPPPK Online Expo 2021

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami