Teten Masduki Minta dukungan Presiden konsolidasikan Koperasi dan UMKM

Teten Masduki Minta dukungan Presiden konsolidasikan Koperasi dan UMKM
UANG | 23 Juli 2020 12:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berencana akan mengkonsolidasi Koperasi dan UMKM agar mempermudah dalam membangun kelembagaan dan pembinaan.

"ke depan, jumlah UMKM terlalu besar 64 juta pelaku dan mencar di mana-mana dan kecil-kecil. Kalau tidak kita sederhanakan kelembagaan atau channel linknya, maka akan berat di pembinaan, sentra-sentra produksi barangkali tidak tepat untuk semua, karena UMKM dikerjakan di rumah masing-masing," kata Teten saat melaporkan hasil capaiannya, di Istana Negara, di Jakarta, Kamis (23/7).

Selain itu, Teten melihat para koperasi bisa menjadi mitra Pemerintah untuk menyalurkan pembiayaan yang murah, dan mudah untuk UMKM. Sekaligus upaya dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk membangun kelembagaan yang lebih mudah bagi UMKM, serta memudahkan dalam pembinaannya.

"Jadi konsolidasinya akan lewat koperasi, karena itu tahun ini PDB 100 persen untuk operasi dengan begitu kami bisa mengkonsolidasi UMKM yang jumlahnya banyak melalui koperasi," ujarnya.

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UMKM telah melakukan pembenahan secara menyeluruh, termasuk di dalamnya reformasi kelembagaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) melalui pemberian kemudahan akses pembiayaan, penyelenggaraan inkubator wirausaha, dan pendampingan Koperasi dan UMKM.

"Selanjutnya Kami memohon dukungan dan arahan bapak Presiden agar peran koperasi dan UMKM dalam perekonomian nasional kita semakin kuat," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami