Thailand Tak Wajibkan Turis Asing Karantina Mulai 1 November, Indonesia Kapan?

Thailand Tak Wajibkan Turis Asing Karantina Mulai 1 November, Indonesia Kapan?
Sandiaga Uno. ©2021 Merdeka.com
EKONOMI | 18 Oktober 2021 19:46 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Thailand mengumumkan wisatawan asing yang datang berlibur tidak perlu melakukan karantina mulai 1 November mendatang. Kebijakan tersebut diambil untuk mendongkrak kembali ekonomi yang babak belur akibat dihajar pandemi Covid-19.

Lalu Indonesia kapan?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, pemerintah tidak akan melonggarkan aturan karantina sebelum ada masukan dari para ahli kesehatan. Dia mengatakan, saat ini pemerintah bekerja berbasis data.

"Semua kebijakan kita berbasis data dan selalu dilandasi dari masukan ahli epidemolog. Saat ini karantina yang kita ambil antara 3 hingga 8 hari. 5 hari yang kita terapkan sudah disetujui para ahli," katanya, Jakarta, Senin (18/10).

Sandiaga mengatakan, pemerintah tidak berlomba dalam membuka jalur masuk wisatawan asing. Sebab, keselamatan warga negara merupakan hal yang paling penting.

"Kami mengingatkan kita tidak berlomba banyak-banyakan turis, tidak berlomba dengan negara lain membuka wisata. Tapi keselamatan penduduk dan masyarakat Indonesia harus diutamakan," jelasnya.

Dia memastikan, pemerintah akan terus melakukan evaluasi terhadap perkembangan Covid-19. Vaksinasi terus dipercepat agar semakin banyak masyarakat yang terlindungi.

"Vaksinasi terus dilakukan untuk masyarakat. Nantinya pada saat yang tepat, kita mengubah kebijakan kita, tidak menutup kemungkinan. Per hari ini fokus pembukaan wisatawan mancanegara tetap dengan adanya karantina," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Penjelasan Pemerintah Soal 19 Negara Boleh ke Bali
Jokowi Minta Penerbangan Internasional di Bandara Ngurah Rai Dievaluasi Setiap Pekan
Turis Masuk Indonesia Wajib Punya Asuransi Rp1 Miliar, Ini Penjelasannya
Lukai Leher Warga New Zealand dengan Pecahan Botol, WN Maroko Masuk Bui di Kuta
Kasus Covid-19 Melandai, Jumlah Wisatawan Domestik ke Bali Terus Meningkat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami