Tiga Jurus OJK Tingkatkan Daya Saing Perbankan Syariah Tanah Air

Tiga Jurus OJK Tingkatkan Daya Saing Perbankan Syariah Tanah Air
OJK. ©2018 Merdeka.com
EKONOMI | 27 Oktober 2020 13:55 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengantongi tiga strategi jitu untuk meningkatkan daya saing perbankan syariah. Pertama yaitu penguatan modal perbankan syariah. Mencakup konsolidasi, penambahan modal dari induk, hingga rencana pengembangan anak usaha.

"Jadi kita sadari bersama, sebagian besar perbankan syariah dimiliki oleh induknya yaitu bank konvensional. Sehingga sinergi antara perbankan konvensional dan anak usahanya yang merupakan perbankan syariah itu juga perlu terus didorong," ujar Direktur Penelitian dan Pengembangan Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK, Deden Firman Hendarsyah dalam webinar bertajuk 'Potensi Ekonomi Syariah Pasca Pandemi', Selasa (27/10).

Kedua, sinergi ekosistem ekonomi syariah. Di antaranya melalui dukungan industri halal di Indonesia sebagai momentum bagi bank syariah untuk dapat maksimal memberikan pelayanan melalui berbagai layanan keuangan yang handal dan berbasis teknologi.

"Memang saat ini sedang sama-sama dikerjakan oleh hampir seluruh stakeholder ekonomi syariah di Indonesia saat ini yg dimotori oleh KNEKS. Nah, di dalamnya ada pengembangan industri halal," jelas dia.

Lalu, melayani ekosistem syariah melalui konsep platform sharing. "Tentunya kita harapkan keuangan syariah, bank syariah, pasar modal syariah, asuransi syariah dapat menjadi seperti jantung dalam tubuh yang memompakan darah atau likuiditas bagi industri halal," paparnya.

Baca Selanjutnya: Integrasi Keuangan...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami