Tiga pemenang lelang blok migas terminasi ditetapkan, negara kantongi USD 13,9 juta

UANG | 5 November 2018 19:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan kontraktor pengelola tiga Wilayah Kerja (WK) minyak dan gas bumi (migas) yang habis masa kontraknya pada 2022 mendatang. Dari keputusan tersebut, negara dapat bonus tanda tangan sebesar USD 13,9 juta.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, sebenarnya ada empat wilayah kerja atau blok migas yang akan habis masa kontranya pada 2022, namun baru tiga di antaranya sudah ditetapkan kontraktor yang akan mengelola pasca kontrak habis.

"Pengelolaan lanjut tiga blok terminasi tahun 2022, dari empat WK terminasi 2022 yang sudah ada keputusannya tiga," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (5/11).

Arcandra menyebutkan, tiga blok migas tersebut yaitu Tarakan dengan kontraktor Medco E&P Tarakan,‎ Coastal Plais And Pekanbaru dimenangkan Bumi Siak Pusako dan Blok Tungkal kontraktor selanjutnya Mondor Oil Tungkal 70 persen Fuel-X Tungkal 30 persen. Tiga kontraktor ini merupakan kontraktor yang mengelola blok tersebut sampai 2022.

"Semua kontraktor eksisting (sudah beroperasi)," ujarnya.

Menurut Arcandra, dari penetapan ke tiga pemenang tersebut negara mendapatkan bonus tanda tangan atau siganture bonus USD 13,9 juta. Sumbangan tersebut jauh lebih besar ketimbang alokasi kegiatan hulu migas yang dianggarkan Anggaran Belanja Negara (APBN).

‎"Kalau dibanding APBN untu‎k eksplorasi migas Rp 60-70 miliar, jauh lebih besar dari signature bonus," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
ESDM gratiskan biaya akses data lelang Wilayah Kerja Migas
Arcandra ancam lakukan hal ini jika badan usaha minerba tak lapor data produksi
Luncurkan 2 aplikasi daring, Kementerian ESDM permudah transaksi produksi minerba
Bos SKK Migas: Pemanfaatan produksi gas alam cair bisa ciptakan lapangan kerja
Pekan depan, Pertamina sambangi Saudi Aramco bahas kerja sama pembangunan kilang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.