Tingkatkan Ekonomi Digital, Proyek Palapa Ring Diharapkan Segera Rampung

UANG | 28 Maret 2019 14:46 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyebutkan saat ini pemerintah telah membangun infrastruktur untuk menunjang konektivitas antar daerah di Indonesia secara digital, yaitu Palapa Ring.

"Salah satu infrastruktur yang sangat penting berkaitan dengan kegiatan hari ini adalah apa yang disebut sebagai Palapa Ring," kata Darmin dalam acara Deklarasi Gerakan Smart Citizen di The Tribrata, Jakarta, Kamis (28/3).

Palapa Ring adalah infrastruktur serat fiber optik yang kemudian menjadi fasilitas dalam program kecepatan dan kualitas komunikasi melalui teknologi internet. Saat ini Palapa Ring bagian Barat Indonesia sudah rampung, tinggal menunggu waktu untuk diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita lagi menunggu pak Presiden punya waktu kapan untuk meresmikannya. Kita sudah tawarkan sejak beberapa minggu yang lalu tapi bapak itu luar biasa agendanya ya," ujarnya.

Sementara itu, untuk Palapa Ring bagian Timur Indonesia saat ini sudah memasuki tahap finalisasi dan akan segera rampung dalam waktu dekat. Dia menyebutkan, Palapa Ring dapat menjadikan Indonesia memiliki koneksi secepat negara lain.

"Palapa ring tengah juga selesai, Timur sedang penuntasan. Begitu tuntas, maka seluruh nusantara akan tersambung , terhubung dengan kualitas komunikasi dan kecepatan yang sama baiknya dengan negara lain di dunia ini," ungkapnya.

Nantinya, jika semua Palapa Ring sudah beroperasi maka konektivitas komunikasi antar daerah di seluruh tanah air akan menjadi lancar. Selain itu, ekonomi digital seperti Fintech dan E-Commerce juga dapat berkembang dengan lebih mudah.

"2019 slesai seluruhnya, kita menjangkau 514 kabupaten dan kota," tutupnya.

Baca juga:
Dirut BAKTI: Telkom dan Lintasarta Ujicoba Palapa Ring Tengah
Tunggu Palapa Ring Timur, XL Bakal Lebih Agresif Ekspansi 4G
Harga Last Mile Palapa Ring Masih Jadi Isu
Layanan 4G-LTE Sudah Menjangkau 97 Persen Populasi Indonesia
BAKTI Gandeng APJII dan APJATEL Manfaatkan Palapa Ring
Apa Itu Industri 4.0, Palapa Ring, B20 yang Kerap Disebutkan di Debat Kedua Capres?

(mdk/azz)