Tingkatkan Keamanan, Bank BNI Imbau Nasabah Ganti Kartu Debit Berbasis Chip

Tingkatkan Keamanan, Bank BNI Imbau Nasabah Ganti Kartu Debit Berbasis Chip
Bank BNI. merdeka.com/Arie Basuki
EKONOMI | 22 Juni 2021 21:30 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Bank BNI Wilayah Palembang mengingatkan nasabahnya untuk segera mengganti kartu debit magnetic stripe ke kartu debit berbasis chip sebelum terblokir oleh sistem pada November 2021.

Pemimpin BNI Wilayah 03 Palembang, Sunarna Eka Nugraha mengatakan, pengalihan kartu ini tak lain demi peningkatan keamanan bagi nasabah seperti yang diwajibkan Bank Indonesia kepada seluruh perbankan.

Selain itu, tujuan penggunaan kartu berbasis chip ini untuk mengurangi risiko pemalsuan karena banyak ditemukan kasus karena penggunaan kartu debit berbasis magnetic stripe.

"BNI mencatat masih ada 131.488 kartu debit nasabah di lima provinsi yang ada di Sumatera Bagian Selatan yang belum migrasi, dan khusus Sumsel saja ada 47.464 kartu. Kami ingatkan segera alihkan daripada terblokir," kata Eka dikutip Antara, Selasa (22/6).

Dia menjelaskan, kesempatan untuk melakukan penggantian kartu sebenarnya sudah dimulai sejak 2017. Hanya saja, tidak semua nasabah langsung merespon karena dipengaruhi banyak faktor di antaranya adanya aplikasi mobile banking hingga rekening yang tidak aktif.

Untuk itu, batas waktu penggantian untuk nasabah Bank BNI diberikan paling lambat 30 November 2021. "Setelah batas waktu itu, BNI akan melakukan penonaktifan kartu debit berbasis magnetic stripe," katanya.

Baca Selanjutnya: Bisa Diseluruh Kantor Cabang BNI...

Halaman

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami