Tingkatkan Kualitas Kredit, Andalan Finance Manfaatkan Data Dukcapil

UANG | 28 Februari 2019 17:15 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - PT Andalan Finance Indonesia (Andalan Finance) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Dukcapil) dalam pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), guna meningkatkan kualitas kredit konsumen.

Direktur Utama Andalan Finance, Suhendra Lie mengatakan, kerja sama ini akan membantu proses verifikasi dan penelusuran identitas konsumen Andalan Finance sehingga dapat meningkatkan kualitas kredit konsumen Andalan Finance.

"Di sisi lain, sebagai bentuk dukungan Andalan Finance terhadap program pemerintah, Andalan Finance akan mewajibkan seluruh calon konsumen Andalan Finance untuk melakukan registrasi pada sistem Dukcapil," ucap Suhendra melalui keterangan resminya, Kamis (28/2).

Suhendra Lie menjelaskan bahwa di era digital saat ini yang menuntut proses serba cepat, penggunaan Data NIK, Data Kependudukan dan KTP elektronik memberikan manfaat dan kemudahan dalam proses verifikasi identitas nasabah, sehingga akan mempercepat proses pemberian pembiayaan konsumen dan untuk mencegah terjadinya fraud dalam hal pemalsuan KTP elektronik. Hal ini sejalan dengan strategi Andalan Finance ke depannya yang akan menerapkan digitalisasi proses operasional.

Direktur Fasilitas Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Dukcapil, Gunawan mengatakan, bahwa data kependudukan yang dikelola dengan baik dapat mencegah risiko kejahatan karena tidak memungkinkan seseorang melakukan penggandaan KTP elektronik karena sistem akan mendeteksi adanya penggandaan KTP elektronik. Oleh karenanya Gunawan berharap agar data kependudukan dapat dijaga dan dikinikan oleh Dukcapil dan pengguna data bersama-sama.

"Kami berharap Data NIK, Data Kependudukan dan KTP-el ini bisa bermanfaat bagi proses bisnis bapak ibu semuanya," katanya.

Sebagaimana diketahui bahwa induk perusahaan Andalan Finance, PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (Bintraco Dharma) dengan kode saham CARS melalui anak usahanya PT CARSWORLD Digital Indonesia telah meluncurkan aplikasi digital yang diberi nama CARS WORLD, yang akan memenuhi berbagai kebutuhan otomotif, berupa pembiayaan otomotif dan jaringan bengkel mobil online. Melalui terobosan ini konsumen akan menikmati proses pelayanan yang semakin baik dan memperoleh berbagai layanan otomotif secara lebih terintegrasi.

Baca juga:
Gelar Expo, BCA Sebar Promo Bunga Cicilan Kendaraan Hingga KPR
Begini 'Curhat' Perusahaan Pembiayaan dan Mitsubishi soal DP 0 Persen
Mandiri Utama Finance Incar Pembiayaan Syariah Rp 100 Miliar di 2019
Aturan Baru OJK: Uang Muka Beli Motor dan Mobil Kini Bisa Nol Persen
Uang Muka di Bawah Rp 4 Juta, Segini Cicilan Kawasaki W175

(mdk/azz)