Tingkatkan Profesionalitas Kerja, Inspektur Ketenegalistrikan Ikuti Uji Kompetensi

Tingkatkan Profesionalitas Kerja, Inspektur Ketenegalistrikan Ikuti Uji Kompetensi
Inspektur Ketenegalistrikan Ikuti Uji Kompetensi. ©2021 Merdeka.com
UANG | 16 Maret 2021 09:04 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Sebanyak 11 inspektur ketenagalistrikan dari sejumlah pemerintah daerah mengikuti uji kompetensi inpassing/penyesuaian di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan karier, profesionalisme serta peningkatan kinerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Demi melaksanakan program reformasi birokrasi, perlu membutuhkan aparatur yang andal, bermoral dan profesional. Makanya, penjaringan pegawai harus lebih selektif dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas pegawai,"jelas Kepala PPSDM KEBTKE Laode Sulaeman saat membuka kegiatan tersebut di Jakarta, RAbu (10/3).

Menurut Laode, uji kompetensi inpassing merupakan bagian dari upaya lembaga pemerintah membentuk organisasi aparatur yang madani dengan mempertimbangkan kualitas kinerja. "maka tidaklah mengherankan jika program reformasi birokrasi sedang bergulir di lingkungan pemerintah pusat maupun daerah," sambungnya.

Laode melaporkan, pada uji kompetensi kali ini diikuti sebanyak 11 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas ESDM, yang berasal dari Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan, Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas ESDM Provinsi Sumatera Barat, dan Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan.

Inspektur Ketenagalistrikan sendiri memiliki tugas untuk melakukan inspeksi, pengujian, penelaahan proses dan gejala berbagai aspek ketenagalistrikan, mengembangkan metode dan teknik inspeksi, melaporkan dan menyebarluaskan hasil inspeksi. "Kami harap, tugas ini dapat diemban sebaik-baiknya oleh para inspektur, sehingga dapat memberikan rekomendasi terbaik di bidang ketenagalistrikan," kata Laode.

Pelaksana uji kompetisi ini dijalankan langsung oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM bersama Direktorat Jenderal atau Badan pembina jabatan fungsional, serta Sekretariat Jenderal sebagai pembina kepegawaian. Dalam uji kompetisi ini, peserta yang lolos administrasi akan diuji dari level tenaga terampil hingga tenaga ahli muda.

"Untuk pelaksanaan uji kompetensi ini, bertindak sebagai penguji yakni Kepala PPSDM KEBTKE, Kepala Biro SDM KESDM, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan, Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Madya dan Muda pada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan serta Widyaiswara PPSDM KEBTKE," jelas Laode.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Wanhar menyampaikan komitmennya melakukan pembinaan bagi para inspektur ketenagalistrikan serta mengapresiasi Pemerintah Daerah dalam mengirimkan pegawainya ke pusat pelatihan.

"Kami dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan tetap melakukan pengawasan dan pembinaan karir, juga komunikasi dengan para Inspektur ketenagalistrikan, mendukung profesi PNS sebagai inspektur ketenagalistrikan. Kami juga mengapresiasi terhadap Pemda, terutama Provinsi Sulawesi Selatan yang banyak mengirim peserta untuk uji kali ini," tutup Wanhar.

Sebagai informasi, selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan. Info selengkapnya bisa kunjungi www.ppsdmkebtke.go.id (mdk/hrs)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami